Connect with us

Other

Ini Isi Pidato Pertama Puan Maharani Usai Dilantik Jadi Ketua DPR

JARRAK.ID

Published

on

Ketua DPR, Puan Maharani (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua DPR 2019-2024, Puan Maharani meminta agar anggota dewan ke depan tidak terpecah belah.

“Walaupun fungsi-fungsi di DPR akan berjalan secara dinamis, namun hal itu tidak boleh membuat kita menjadi terpecah belah dan kontraproduktif,” kata Puan dalam pidato usai pelantikannya di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (01/10/2019).

Puan mengatakan dinamika dalam menjalankan fungsi-fungsi DPR harus berlandaskan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Puan juga meminta anggota DPR mengedepankan kritik yang konstruktif.

“Kekritisan kita, khususnya dalam mengimplementasikan prinsip demokrasi dan menjalankan mekanisme checks and balances haruslah selalu konstruktif, dan membangun peradaban demokrasi di Indonesia,” ujarnya.

Puan juga mengingatkan agar anggota dewan bisa menjaga kepercayaan yang sudah diberikan rakyat.

“Marilah kita jaga bersama kepercayaan yang telah diberikan rakyat tersebut melalui kerja keras, kerja cerdas, dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan fungsi dan peran DPR yang dapat memenuhi aspirasi dan harapan rakyat,” ujarnya.

Sebelumnya, rapat paripurna itu dipimpin pimpinan DPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe, dari Fraksi Demokrat. Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR periode 2019-2024.

“Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR RI, Azis syamsuddin dari Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dari NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI,” tutur Abdul Wahab Dalimunthe.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer