Connect with us

Daerah

Ini Identitas Hakim yang Terjaring OTT KPK di Balikpapan

JARRAK.ID

Published

on

Gedung KPK (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap seorang hakim di Balikpapan, Kalimantan Timur. Hakim tersebut bernama Kayat.

Dia diduga meminta sejumlah uang untuk memberikan vonis bebas kepada terdakwa kasus penipuan, yang perkaranya ditangani PN Balikpapan.

“Sampai saat ini lima orang diamankan dan dibawa ke polda setempat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, yaitu 1 orang hakim, 2 orang pengacara, 1 panitera muda, dan 1 swasta,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, Jumat, (03/05/2019).

“KPK mengamankan mereka setelah mendapatkan informasi akan terjadinya transaksi pemberian uang kepada hakim yang mengadili sebuah perkara pidana di PN Balikpapan tersebut,” imbuh Syarif.

KPK juga mengamankan uang sebesar Rp100 juta, yang diduga akan diberikan kepada hakim tersebut.

“Ada uang yang diamankan dalam perkara ini yang diduga merupakan bagian dari permintaan sebelumnya jika dapat membebaskan terdakwa dari ancaman pidana dalam dakwaan kasus penipuan terkait dokumen tanah,” ucapnya.

Ada waktu 1×24 jam yang digunakan KPK untuk melakukan pemeriksaan awal itu. Setelah itu, KPK akan menentukan siapa tersangka dalam OTT itu.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer