Connect with us

Politik

Ini Daftar Bacaleg Eks Koruptor, Gerindra Paling Ramai

JARRAK.ID

Published

on

Illustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mencatat ada 199 mantan narapidana korupsi yang mencalonkan diri jadi anggota legislatif pada Pileg 2019 mendatang. Diketahui, eks napi terbanyak berasal dari Partai Gerindra, sementara PSI menjadi satu-satunya partai nasional yang tak mencalonkan koruptor di Pileg 2019.

Data Bawaslu yang dilansir detikcom menunjukkan, ada 27 caleg dari Gerindra yang teridentifikasi eks napi korupsi. Disusul kemudian Golkar sebanyak 25, lalu NasDem 17 bacaleg.

Berdasarkan data Bawaslu tersebut, PSI menjadi satu-satunya partai tidak mencalonkan eks koruptor. Dari data Bawaslu, ditemukan ada lima bacaleg yang tidak diketahui berasal dari partai mana.

“Iya sementara (bacaleg eks napi korupsi) ditemukan sekitar 199,” kata anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin, Kamis (26/7/2018).

Menurut data yang dihimpun, pihak KPU telah mengembalikan berkas 199 eks koruptor yang maju caleg ke partai politik masing-masing.

“Prinsipnya kami kembalikan kepada parpol masing-masing, karena tidak sesuai dengan kesepakatan juga antara KPU sama parpol,” ungkap Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, di Mahkamah Konstitusi, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (26/7).

Berikut jumlah bacaleg eks napi korupsi dari partai peserta pemilu:

– PKB: 8
– Gerindra: 27
– PDIP: 13
– Golkar: 25
– NasDem: 17
– Partai Garuda: 6
– Partai Berkarya: 16
– PKS: 5
– Perindo: 12
– PPP: 7
– PSI: 0
– PAN: 12
– Hanura: 15
– Partai Demokrat: 12
– Partai Aceh: 0
– Partai Sira (Aceh): 1
– Partai Daerah Aceh: 0
– Partai Nanggroe Aceh: 0
– PBB: 11
– PKPI: 7

– 5 bacaleg tak diketahui parpolnya

Baca Juga:  Menteri Desa Mengaku Sedang Dirayu PKB untuk Jadi Caleg di 2019

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer