Connect with us

Other

Ini Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Makanan Sehat

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menjaga kesehatan jantung itu sangat perlu, sebab, jantung merupakan salah satu organ yang harus dijaga dengan baik. Hal itu bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat. Beberapa jenis makanan tertentu ternyata sangat baik dalam hal menjaga kesehatan jantung karena kandungannya.

Berikut ini berbagai makanan yang baik untuk menjaga jantung agar tetap sehat, seperti dilansir dari Verywell Health.

1. Apel Merah

Apel dinilai mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Buah dengan tekstur renyah dan segar ini mengandung banyak senyawa yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Misalnya, apel mengandung phytochemical yang disebut quercetin yang bertindak sebagai agen antiinflamasi alami.

Apel mengandung serat larut, jenis yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Buah ini juga kaya polifenol, yang dikenal karena efek antioksidannya. Salah satu polifenol, yang disebut flavonoid epicatechin, bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Flavonoid lain terkait dengan penurunan risiko stroke dan penurunan kolesterol jahat.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Buah ini juga mengandung vitamin dan fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi jantung dan bagian tubuh lain. Asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat, dikenal untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama jantung.

3. Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat bagi jantung dan sistem pembuluh darah Anda. Sayuran hijau juga kaya serat, yang memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi penyakit jantung.

Selain enak, sayuran hijau juga rendah kalori. Tambahkan sayuran hijau seperti bayam segar atau brokoli dalam semangkuk salad.

4. Salmon

Salmon adalah salah satu sumber terbaik dari dua asam lemak omega-3 rantai panjang, EPA dan DHA. EPA dan DHA telah lama dikenal untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi sel endotel.

Baca Juga:  Istana Bocorkan Alasan Yudi Latif Mundur dari BPIP

Selain itu, omega-3 juga dapat mencegah terjadinya kekentalan darah dan penyumbatan pembuluh darah di jantung, yang dapat menyebabkan terjadinya stroke sumbatan.

5. Kacang kedelai

Kacang kedelai, atau disebut juga dengan soya, ternyata memiliki manfaat lebih untuk kesehatan jantung. Soya mengandung omega-3, protein, vitamin, mineral, serta rendah lemak dan tinggi serat. Mengonsumsi protein soya setidaknya 30 gram per hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

6. Tomat

Tomat dikenal mengandung antioksidan likopen yang tinggi. Menambahkan likopen ke dalam diet Anda dapat membantu melindungi jantung. Bila dikonsumsi secara teratur, tomat dapat mempertahankan kadar kolesterol Anda.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer