Connect with us

Bisnis

Ini Awal Mula Terbongkarnya Kasus Mafia Tanah Bernilai Triliunan Rupiah

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Badan Pertanahan Nasional (BPN) bersama Polri berhasil membongkar praktik mafia tanah yang bernilai triliunan rupiah.

Direktur Jenderal Penanganan Masalah Agraria Pemanfaatan Ruang dan Tanah Raden Bagus Agus Widjayanto mengatakan, awal mula kasus mafia tanah terungkap pada tahun 2018. Pengungkapan ini berawal dari pengaduan seorang pemilik tanah.

Ia bercerita, bahwa ada seorang pemilik tanah tidak merasa menjadikan tanah tersebut sebagai jaminan utang. Berikut informasi selengkapnya dilansir detikcom.

Raden Bagus mengatakan, para oknum mafia akan ditindak tegas dengan hukuman pidana.

“Kalau hukumannya ya pidana,” ungkap Raden, Sabtu (12/10/2019).

Untuk lama hukumannya sendiri, ia tidak menjelaskan. Hanya saja, kata Raden, oknum mafia akan dipidana sesuai dengan ketentuan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

“Berapa lamanya tergantung ketentuan di KUH pidana aja. Kan sudah ada KUHP,” katanya.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada para mafia yang ditangkap oleh pihak kepolisian dan diproses secara hukum. Sampai saat ini, pihak ATR/BPN bersama Polri sudah berhasil mengungkap 10 kasus.

“Terakhir kita dapat laporan itu ada 10 (kasus). Ada yang dipulau Jawa, beda-beda,” tutupnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer