Connect with us

Elektoral

Ini Alasan Ma’ruf Amin Lebih Banyak Diam di Debat Pilpres

JARRAK.ID

Published

on

Pasangan capres cawapres, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam debat Pilpres (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Cawapres Ma’ruf Amin mengatakan, dirinya sengaja banyak diam di debat Pilpres tahap pertama, karena memang sepantasnya Joko Widodo sebagai capres yang harus lebih mendominasi.

“Debat itu kan pertama lebih ke presiden. Presiden harus lebih dominan, saya hanya menambah saja. Makanya tadi malam pun saya tidak banyak bicara, (saya bicara) hal-hal yang perlu saya tambahkan saja,” ujar Ma’ruf di kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (18/01/2019).

Selain itu kata Ma’ruf Amin, apa yang disampaikan Jokowi sudah sangat jelas berkaitan dengan topik debat.

“Kalau sudah dijelaskan oleh presiden ya saya tinggal menyetujui, mendukung, jangan seperti orang balapan ngomong, kaya saur manuk,” kata Ma’ruf.

Faktor lainnya kata Ma’ruf, pasangan Prabowo-Sandiaga Uno lebih banyak menyoal masalah pemerintahan, sehingga Jokowi yang dianggap lebih tahu. Pasalnya dirinya belum pernah terjun ke pemerintahan.

“Kedua kan banyak yang dimasalahkan itu kan kinerja Pak Jokowi yang dapat kritik, banyak dari Pak Prabowo, tentu yang lebih paham dan lebih menguasai yang menjawab adalah Pak Jokowi, karena itu menyangkut kinerjanya, kalau saya yang menjawab kan jadi tidak tepat gituloh, karena kan saya tidak mengalami,” kata Ma’ruf.

Dalam debat semalam, Ma’ruf cukup banyak berbicara saat isu terorisme. Menurutnya, urusan mengatasi terorisme menjadi salah satu bagian yang difokuskan padanya.

“Jadi kalau masa lalu, yang kritik soal ini soal ini yang jawab harus Pak Jokowi, tapi dalam hal tertentu saja saya jawab. Dan memang porsi yang diberikan itu tentang terorisme, walau pun saya ngomong soal lain, ada soal difabel, disabilitas juga soal reformasi hukum dengan penataan regulasi. Tapi memang porsi saya bagaimana mengatasi terorisme kedepan, saya kira itu,” tandas Ma’ruf.

Baca Juga:  PAN: Poros Mekah vs Poros Beijing Membelah Kerukunan Masyarakat

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer