Connect with us

Politik

Ini Alasan Fahri Hamzah Mau Jadi Penjamin Tahanan Kota Ratna Sarumpaet

JARRAK.ID

Published

on

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah membenarkan bahwa dirinya menjadi penjamin dalam pengajuan tahanan kota bagi terdakwa kasus hoaks penganiayaan, Ratna Sarumpaet.

Politikus PKS ini mengaku prihatin dengan kondisi Ratna Sarumpaet, mengingat umurnya sudah menginjak 70 tahun, dan kondisi kesehatannya juga mulai menurun.

“Dia berumur 70 tahun, kebetulan saya mendapat surat. Kasihan sekali itu keadaannya itu ya, karena saya tahu, dalam usia seperti itu ya, kemudian dia melakukan kesalahan dan diakui, apa gunanya itu ditahan?” kata Fahri ditemui di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu, (13/03/2019).

Fahri mempermasalahkan pasal yang dipakai untuk menjerat Ratna. Diketahui, Ratna dijerat dengan Pasal 14 dan Pasal 15 Undang Undang Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 Undang Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE.

Fahri menjelaskan bahwa penggunaan pasal tersebut terlalu berlebihan dan mengada-ada. Pasalnya kata dia, jika Ratna hanya diancam dengan UU ITE dan ancaman hukumannya dibawah lima tahun, maka dia tidak akan ditahan.

Maka, kata Fahri penggunaan UU Nomor 1 tahun 1946 itu terkesan dipaksakan agar Ratna ditahan, karena ancamannya melebihi lima tahun. Apalagi, kata Fahri, UU tersebut sudah lama tak digunakan.

“Kita juga sudah tidak pernah tahu ada itu undang-undang, dan juga tidak pernah dipakai selama ini. Dipakailah pasal ini pasal zaman purba, 76 tahun yang lalu,” kata Fahri.

Fahri mengaku tergerak untuk menjamin bagi Ratna, usai membaca surat yang dikirimkan oleh kuasa hukum Ratna.

Melihat keadaan Ratna yang memprihatinkan, Fahri pun menyanggupi untuk menjadi penjamin agar Ratna cukup menjadi tahanan kota.

“Terus terang itu ya, saya juga menjadi menyesal, kenapa kok sekarang kita baru sadar bahwa apa yang terjadi pada Bu Ratna itu keterlaluan, come on ya, hentikanlah itu,” kata Fahri.

Baca Juga:  PANAS! Sudirman Said Bocorkan Pertemuan Rahasia Jokowi dan Bos Freeport

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer