Connect with us

Bisnis

Ini Alasan BBM Jenis Pertamax Naik

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA-JARRAK.ID- Harga minyak dunia kembali naik dan itu memengaruhi pada harga minyak nasional. PT Pertamina (Persero) mengakui akan naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax. Perusahaan migas pelat merah itu menyebutkan bahwa kenaikan harga BBM nonsubsidi seturut dengan harga minyak dunia yang mencapai US$60-US$65 per barel.

Meski begitu, Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito menjelaskan, harga Pertamax masih dalam batas wajar. Tren harga minyak dunia yang naik tak bisa dikendalikan.

“Jadi, kami melakukan penyesusaian harga minyak dunia. Namun, kenaikannya masih dalam batas wajar. Harganya (Pertamax) tetap lebih lebih murah kalau dibandingkan dengan toko sebelah,” tuturnya pada Minggu, (25/2/2018).

Berdasarkan pada data yang dibagikan Pertamina, harga Pertamax di Jakarta menjadi Rp8.900 per liter sejak Sabtu (24/2/2018) dari pukul 00:00 WIB. Harga itu naik Rp300 per liter dari sebelumnya Rp8.600.

Sementara, harga Pertamax Turbo menjadi Rp10.100 atau naik Rp500 per liter dari Rp9.600. Dexlite menjadi Rp8.100 per liter dan Pertamina Dex menjadi Rp10.000.

Meskipun demikian, seluruh seri Pertamax tersebut merupakan jenis bahan bakar nonsubsidi. Sementara, harga BBM jenis Pertalite tetap atau tidak mengalami perubahan.

Hingga berita ini ditulis, menurut salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar umum (SPBU), misalnya di dekat Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) di Jakarta Selatan, salah satu operator mengakui telah ada kenaikan harga tersebut.

“Iya, sudah naik harganya. Kalau tidak salah ya dari tengah malam pukul 00:00 WIB. Tetapi, tidak semua naik ya, seperti Pertalite, harganya masih sama seperti kemarin,” jelasnya.

Tidak setabilnya harga minyak dunia kerapkali berpengaruh terhadap harga minyak dalam negeri. Hal ini tentunya harus diterima oleh masyarakat meskipun terkadang berimbas pada harga yang lain.

Baca Juga:  Calon Tunggal Gubernur BI Kejar 'Mimpi' Ekonomi Tumbuh 6%

Setiap kali ada kenaikan harga minyak, maka besar kemaungkinan harga barang-barang domestik juga naik. Adapun naiknya barang-barang domestik biasanya menyeluruh, baik kebutuhan sehari-hari, seperti kebutuhan yang bersifat sandang, pangan, maupun barang-barang yang berjangka panjang.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer