Connect with us

Politik

Ini Alasan Bawaslu Blokir Situs Pemantau Pemilu Jurdil 2019

JARRAK.ID

Published

on

Komisioner Bawaslu, Moh Afifuddin (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Moh Afifuddin mengatakan jika pemblokiran situs pemantau Pemilu 2019, jurdil2019.org, karena pemantau pemilu tersebut dianggap tidak netral.

“Imparsialitas itu menjadi kunci pemantau. Jelas itu di websitenya ada logo salah satu paslon,” kata Afif di Kantor Bawaslu, Jakarta, Senin, (22/04/2019).

Bawaslu mempermasalahkan netralitas Jurdil 2019 sebagai pemantau, bukan karena menyiarkan perhitungan riil (real count).

Pasalnya, akreditasi lembaga survei yang menyiarkan quick count dan real count merupakan wewenang KPU.

Afif menuturkan Bawaslu sebelumnya memberi akreditasi kepada PT Prawedanet Aliansi Teknologi sebagai pemantau Pemilu. Prawedanet mengelola situs jurdil2019.org.

Afif menegaskan, Bawaslu memiliki kewenangan dalam mencabut akreditasi lembaga pemantau pemilu yang dianggap melanggar aturan.

Afif mengaku, saat ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Kominfo agar melakukan pemblokiran terhadap situs yang disinyalir melanggar aturan.

“Semua orang harus tahu dong lembaga pemantau harus netral, jelas kalau sudah kayak gitu tidak netral,” ujar dia.

Ia menambahkan awalnya Bawaslu hanya akan menutup jurdil2019.org yang bermasalah. Namun, lantaran ada kemiripan alamat situs dan konten, Bawaslu juga meminta Kominfo menutup jurdil2019.net.

“Kemudian ada yang jurdil.net itu udah direkomendasikan untuk di-take down, sama. Karena takutnya menjadi bias gitu ya antara yang .net dengan .org,” ujar dia.

Sebagai informasi, situs jurdil2019.org menampilkam perhitungan suara real count yang mengunggulkan perolehan suara pasangan Prabowo-Sandi dari Jokowi-Ma’ruf. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kemudian memblokir situs tersebut pada Minggu (21/04/2019) karena menyalahgunakan izin yang diberikan Bawaslu.

Baca Juga:  Megawati Cerita Saat Jadi Perwakilan Termuda KTT Gerakan Non Blok 1961

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer