Connect with us

Bisnis

Ingat, Mentan Minta Bulog Serap Harga Beras Petani Rp8 Ribu Per Kilogram

JARRAK.ID

Published

on

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID ­ – Menteri Pertanian, Amran Sulaiman meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menyerap beras petani sebanyak mungkin dengan harga Rp8.030 per kilo gram.

Harga yang diminta Amran lebih tinggi jika dibandingkan yang sudah ditetapkan Presiden Jokowi melalui Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kebijakan Pengadaan Gabah/Beras dan Penyaluran Beras oleh Pemerintah.

Amran beralasan, serapan beras petani dengan harga maksimal untuk mencegah dua potensi permasalahan yang akan terjadi di akhir tahun. Pertama, kedatangan masa paceklik yang biasanya terjadi pada November sampai dengan Januari yang dikhawatirkan akan memicu kenaikan harga beras.

Kedua, adanya penurunan tingkat kesejahteraan petani akibat masa paceklik dan anjloknya harga gabah.

“Jadi jangan beli di bawah Rp8.030 per kilogram, jangan di bawah itu, jangan rugikan petani,” katanya, Kamis, (30/08/2018).

Sebelumnya Bulog mengatakan bahwa penyerapan beras petani di bulan Agustus mengalami penurunan. Penyerapan atas Gabah Kering Panen (GKP) di Agustus contohnya, hanya tercatat 5 ribu ton per hari.  Padahal, angka penyerapan pada Juli kemarin sempat mencapai yang 10 ribu ton per hari.

Direktur Pengadaan Bulog Bachtiar mengatakan ini disebabkan karena masa panen di sebagian besar wilayah penghasil beras seperti Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah selesai.

Baca Juga:  Budi Waseso Berpeluang Jadi Bos Baru Bulog

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer