Connect with us

Other

Ingat! Langsung Merokok Saat Buka Puasa Bisa Berakibat Buruk

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Bagi perokok, hal yang ingin segera dilakukan selain minum saat waktu buka puasa Ramadhan tiba adalah merokok. Namun tahukah Anda jika langsung merokok saat buka puasa memiliki efek buruk untuk kesehatan tubuh?

Dilansir dari Klik Dokter, dilihat dari sisi mana pun, merokok memiliki efek buruk bagi kesehatan, baik fisik maupun psikis. Beberapa masalah kesehatan yang dapat timbul meliputi gangguan pernapasan, jantung, lambung, stroke, kerusakan gigi dan tulang, stres, cemas, dan masih banyak lagi. Semua gangguan itu datang akibat racun dalam rokok.

Lebih dari 4.000 bahan kimia di dalam rokok yang berbahaya bagi tubuh. Sebagian kecil di antaranya adalah nikotin, tar, karbon monoksida, gas oksidan, dan benzene. Merokok terbukti dapat meningkatkan jumlah radikal bebas di dalam tubuh Anda.

Berikut ini beragam efek buruk langsung merokok saat buka puasa yang perlu Anda ketahui.

1. Mengurangi nafsu makan.

2. Merokok dalam keadaan perut kosong berpotensi timbulkan mual dan muntah.

3. Kandungan berbahaya rokok akan semakin mudah diserap tubuh ketika perut kosong.

4. Setelah berpuasa, tubuh sangat membutuhkan asupan cairan, glukosa, dan oksigen. Sementara itu, merokok dapat menganggu aliran peredaran darah. Akibatnya, tubuh tak bisa memperoleh asupan yang memadai setelah berbuka puasa.

5. Efek nikotin akan langsung masuk ke otak, sehingga bisa menimbulkan sakit kepala.

6. Mudah memicu batuk akibat iritasi saluran napas.

7. Merokok saat berbuka puasa Ramadhan juga memiliki efek berbahaya yang lebih besar pada sistem saraf dan paru dibandingkan merokok saat hari biasa.

Baca Juga:  Duh, Hanya Karena Ini Polisi Gadungan Lakukan Pungli di Casablanca

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer