Connect with us

Other

Ingat, BPK Akan Audit Penggunaan Dana Bantuan Bencana Alam Palu

JARRAK.ID

Published

on

Gedung BPK (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dipastikan akan mengaudit terkait penyaluran bantuan bencana alam gempa dan tsunami di Palu Sulawesi Tengah. Selain itu, BPK juga akan mengawasi seluruh penyaluran dan pemanfaatannya.

Ketua BPK RI Moermahadi Sgoerja Djanegara mengatakan, untuk bencana biasanya BPK melakukan pemeriksaan melalui keuangan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Namun untuk kali ini BPK akan melakukan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

“Kan ada BNPB. Kita audit biasa setiap laporan keuangannya. Hanya saja kalau nanti pas ada buat bencana seperti sekarang ada pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Mulai bantuan, pembangunannya seperti apa,” tuturnya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, (02/10/2018).

Adapun pemeriksaan BPK kata dia akan dilakukan pasca kegiatan penanganan bencana sudah selesai. Pemeriksaan seperti ini diakui Moermahadi memang dilakukan setiap bencana alam terjadi.

“Seperti waktu yang di Aceh kita sudah punya perencanaan kinerja, kita audah punya program itu. Dengan kejadian Aceh kita sudah punya guidance. Jadi ya pemeriksaannya setelah inilah. Nanti kita ada pemeriksaan,” terangnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer