Connect with us

Berita

INFO DEWAN: BUPATI AGUS TANGGAPI PEMANDANGAN UMUM FRAKSI-FRAKSI DI DEWAN

JARRAK.ID

Published

on

SINGARAJA-JARRAK.ID – DPRD Buleleng, Bali, menggelar rapat paripurna di ruang siding utana DPRD Buleleng di Gedung utama DPRD Buleleng di Jalan Veteran No 2 Singaraja.

Rapat dewan tersebut beragenda tunggal yakni Tanggapan Bupati Terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Buleleng terhadap Ranperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran tahun 2019, Jumat (3/6).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST, yang sekaligus menyampaikan tanggapan Bupati atas pemandangan umum fraksi-fraksi, Wakil Bupati dr Nyoman Sutjidra,Sp.OG, pimpinan FKPD, Ketua Komisi DPRD Buleleng sedangkan anggota dan undangan lainnya mengikuti jalannya rapat secara virtual di masing-masing ruangan.

Terkait dengan moderenisasi perkebunan dan pariwisata yang disampaikan dewan, bahwa pemerintah daerah telah membuat program-program inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan qualitas dan produktivitas hasil-hasil perkebunan yang nantinya diharapkan bisa berkalaborasi dengan sector pariwisata untuk dikembangkan menjadi atraksi wisata meliputi pengembangan pariwisata alam yang memiliki nilai jual seperti proses penanaman, pemeliharaan, panen dan pengemasan yang harus dibuat menjadi sebuah industri kreatif. “Yang tentunya mengemas konsep teknologi sehingga memberikan nuansa baru dalam pengembangan Festival Online dan Food Truck Festival,” jelas Bupati Agus.

Terkait dengan kenaikan yang tinggi pada sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bupati Agus menjelaskan bahwa pemerintah telah mengeluarkan kebijakan berupa Peraturan Bupati (Perbup) Buleleng No. 15 tahun 2019 yang didalamnya mengatur tentang besaran pengurangan yang diperkenankan sehingga masyarakat yang mengajukan keberatan dapat difasilitasi. “Ini tercemin pada capaian realisasi pendapatan dari PBB yang mencapai 108,05% atau sebesar 29,3 milyar lebih. Lebih jauh ditanggapi terkait dengan tarif parkir yang berbeda dibeberapa tempat, bahwa kenaikan tariff ini sesuai dengan Perda no. 27 tahun 2011 tentang retribusi tempat khusus parkir,” paparnya.

Ditemui usai rapat paripurna, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna,SH mengatakan sependapat dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Buleleng terkait dengan penggunaan buah lokal pada setiap kegiatan. Namun ke depan, Supriatna berharap pemerintah daerah benar-benar bisa menyiapkan buah yang ketersediaan dan berkualitas sehingga mampu bersaing dengan buah impor. “Dan tentunya didukung dengan komitmen pemerintah daerah dengan pembangunan prioritas pada sektor pertanian dan pemanfaatan teknologinya seperti Iradiasi Gamma,” ucap Supriatna.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer