Connect with us

Bisnis

Indonesia-Singapura Sepakat Kerjasama Vokasi Industri

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA- JARRAK.ID – Kesapakatan Indonesai dengan Singapura untuk meningkatkan kerja sama di bidang investasi dan pendidikan vokasi, lebih-lebih sektor industri, memperkuat kemitraan kedua negara tersebut. Hal ini akan saling melengkapi sektor ekonomi di masa depan.

“Singapura merupakan salah satu negara tetangga yang memiliki peran setrategis bagi kepentingan Indonesia maupun kawasan,” jelas Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto di Jakarta, Ahad, (18/2/2018).

Pernyataan di atas merupakan tanggapan setelah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, beberapa waktu lalu di Kantor Kementerian Perindustrian.

Menperin juga menjelaskan, pihaknya akan terus mendorong Singapura agar terus mengembangkan pembangunan kawasan industri di daerah lain Indonesia, yang konsepnya terintegrasi menyerupai dengan Kawasan Industri Kendal (KIK) Jawa Tengah.

“Kami menawarkan di Kalimantan Utara (Tanah Kuning), Sumatera Utara (Kuala Tanjung) dan Sulawesi Utara (Bitung),” tuturnya.

Pada 14 November 2016, KIK dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo dan PM Singapura Lee Hsien Loong. KIK merupakan proyek patungan antara pelaku industri Indonesia dan Singapura (PT Jababeka Tbk dan Sembcorp Development Inc). Nilai investasi di kawasan seluas 2.700 hektare ini mencapai USD360 juta.

“Sampai Januari 2018, KIK telah menarik sebanyak 39 investor yang berasal dari Indonesia, Singapura, Malaysia, China dan Jepang dengan menyerap tenaga kerja lebih dari 1.950 orang,” ungkapnya.

Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di sektor industri furniture, makanan, kemasan makanan, baja, label printing, dan boneka.

“Pada pertemuan dengan Menlu Singapura, kami juga membahas mengenai Bilateral Investment Treaty dan negosiasi pembaharuan Double Taxation Agreement,” imbuhnya.

Baca Juga:  Sambut Mudik Lebaran, Pertamina Sediakan Pembelian BBM Self Service Non Tunai

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer