Connect with us

Politik

Indonesia Kuasai 51% Saham Freeport, Ma’ruf Amin Bangga

JARRAK.ID

Published

on

Cawapres KH Ma'ruf Amin (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin ikut bangga dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo yang berhasil menguasai 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI), yang dilakukan dengan tanpa gaduh.

“Sangat cantik caranya bisa memperoleh 51 persen saham ini. Pasti dilakukan dengan diplomasi dan pendekatan sehingga tak gaduh,” kata Ma’ruf di Rumah Situbondo, Menteng, Sabtu, (22/12/2018).

Menurut Ma’ruf, sejak awal Freeport memang penuh dengan kegaduhan. Tapi berkat kehebatan Presiden Jokowi, divestasi saham Freeport dilakukan tanpa kegaduhan.

Menurutnya, langkah pemerintah itu mesti diapresiasi. Sebab, sebelumnya, pemerintah Indonesia hanya menguasai sekitar 9% saham.

Ma’ruf mengatakan, divestasi saham Freeport bukan sesuatu yang mudah. Pasalnya, selama lebih 50 tahun, Indonesia hanya menguasai 9% saham Freeport.

“Perolehan 51 persen saham itu luar biasa. Beberapa presiden tak mampu ambil itu. Pak Jokowi luar biasa bisa mengambil porsi 51 persen,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf juga ingat saat Jokowi berhasil mengembalikan Blok Mahakam dan Blok Rokan ke Tanah Air. Menurutnya, hal itu merupakan sebuah keberhasilan luar biasa untuk membangun Indonesia lebih baik.

Mantan Rais Aam PBNU itu meminta lawan politik Jokowi tidak nyinyir atas prestasi itu hanya karena pembelian saham tersebut didanai oleh utang.

Ma’ruf, yang merupakan ahli ekonomi syariah, mengatakan utang dalam bisnis merupakan hal biasa. Bahkan dalam kadar tertentu, bisnis mewajibkan adanya utang sebagai bagian dari aset. Yang penting, utang itu diambil untuk sesuatu yang bisa dikembangkan secara produktif, seperti tambang Freeport itu.

“Dalam bisnis itu, ambil utang, bisnis berjalan, utang dibayar, lalu utang lagi untuk mengembangkan bisnis. Itu biasa. Tak masalah sepanjang bisa dipertanggungjawabkan dan bisa dikembalikan lewat produksi,” beber Ma’ruf.

Baca Juga:  Begini Pesan Arief Hidayat, Ketua MK Dua Periode, Sebelum Lengser

“Jadi saya kira pengambilalihan saham Freeport ini justru harus diberi penghargaan. Jangan dinyinyiri oleh isu-isu yang sebenarnya tak perlu,” pungkas Ma’ruf.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer