Connect with us

Politik

Ijtimak Ulama Dukung Prabowo-Sandiaga Uno, Ma’ruf Amien Iri?

JARRAK.ID

Published

on

KH Ma'ruf Amin (Doc. Net)

BEKASI – JARRAK.ID – KH Ma’ruf Amien tidak mempermasalahkan Ijtimak Ulama II yang secara resmi mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 mendatang. Menurut Ma’ruf, umat harus diberikan kebebasan dalam memilih calon yang sesuai dengan keinginan mereka.

“Silahkan, masing-masing. Yang ulama yang mana. Yang ulama benar, yang ulama berkapasitas, di mana? Tinggal umat melihat. Ini ulama siapa? Ini ulama siapa? Tinggal dibandingkan,” kata Ma’ruf kepada wartawan di Ponpes Nurul Huda, Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu, (16/08/2018).

Menurut Ma’ruf Amien, suara ulama tidak bulat mendukung salah satu pasangan calon. Ada juga yang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amien, ada yang mendukung Prabowo-Sandiaga Uno.

Kendati demikian, perbedaan pilihan itu kata Ma’ruf Amien bukan berarti para ulama terpecah. Perbedaan itu diakui dia wajar dalam kontestasi politik.

“Nggak ada terpecah (konflik). Kalau sini ulama mendukung saya, (yang juga) ulama. Ulama mendukung ulama, saya kira. Di sana, tidak dukung saya. Tidak masalah. Nggak usah marah. Silakan saja,” ucap Ma’ruf.

Meski memang ulama tidak bisa bersatu, Ma’ruf meminta agar tetap menjaga persatuan. Jangan sampai menghina kubu lawan. Ulama kata Ma’ruf harus mampu menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

“Yang penting, jaga persatuan. Tidak usah saling memaki. Tidak usah saling menjelekan,” kata Ma’ruf.

Sebeumnya, Bakal capres Prabowo Subianto meneken pakta integritas yang disodorkan oleh GNPF Ulama saat Ijtimak Ulama II. Ada 17 poin yang disodorkan, salah satunya tentang kepulangan Habib Rizieq Syihab.

Prabowo meneken pakta integritas yang disodorkan Ijtimak Ulama itu di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Minggu, (16/09/2018). Sambil didampingi Waketum Gerindra Fadli Zon, Prabowo langsung menandatangani pakta integritas tersebut dengan dipimpin oleh pimpinan sidang Munarman.

Baca Juga:  Marak Kasus OTT Kepala Daerah, Begini Komentar Jokowi

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer