Connect with us

Mancanegara

Hun Sen Janji Berikan Uang Jika Rakyat Pilih Partainya di Pemilu Kamboja

JARRAK.ID

Published

on

Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen (Doc. Net)

PHNOM PENH – JARRAK.ID – Jelang Pemilu Kamboja yang akan diselenggarakan pada 29 Juli 2018 mendatang, Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen membuat wacana yang tak biasa. Dia menjanjikan hadiah uang bagi pekerja pabrik garmen jika memilih Partai Rakyat Kamboja, yang dipimpinnya pada Pemilu nanti. Wacana ini dimunculkan Han Sen saat saat berpidato kurang lebih  satu jam di hadapan sekitar 16 ribu buruh pabrik garmen.

“Keponakan lelaki dan perempuan, ini hanya hal kecil,” kata Hun Sen berpidato, yang ditepuki para pekerja, seperti dilansir Reuters, Jumat, 15 Juni 2018. “Kalian masing-masing dapat 20 ribu riel (sekitar Rp70 ribu). Bagi kalian yang sedang hamil, kalian dapat tambahan amplop.” Demikian Ucap Han  Sen.

Sebenarnya tidak hanya kali ini Hun Sen menggunakan kekuatan uang dalam politik. Dia yang sudah 30 tahun berkuasa ini juga tercatat memenangkan Pemilu 2013 dan 2017 dengan cara politik uang dan pemberangusan terhadap partai oposisi.

Menurut Menteri Dalam Negeri Kamboja, Huy Vannak, Pembagian uang yang dilakukan oleh Hun Sen itu diperbolehkan lantaran uang yang dipakai adalah uang negara.

Seorang analis Kamboja, Sophal Er, Hun Sen mencoba memastikan kemenangan dengan menggunakan uang karena sempat mengalami penurunan dukungan.

“Dia berkukuh cara untuk maju adalah meraih kekuasaan dengan cara apapun,” kata Sophal.

Baca Juga:  Kalahkan 19 Partai Lain, Hun Sen Kembali Memimpin Kamboja Setelah 33 Tahun Berkuasa

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer