Connect with us

Bisnis

Hore, Pemerintah Resmi Pangkas Tiket Pesawat 15%

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menegaskan, pemerintah sudah memutuskan untuk menurunkan Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat antara 12% sampai 16%.

Menurut Darmin, pemangkasan rata-rata TBA akan paling banyak terkena rata-rata sebesar 15%.

“Penurunan tidak sama antara rute satu dengan yang lain, cuma rata-rata kita belum hitung 100%, range-nya antara 12-16%, kita harapkan dia akan dekat ke 15% turunannya” kata Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin, (13/05/2019).

Darmin menegaskan, keputusan ini sebagai tindak lanjut atas Rakortas Tarif Tiket Pesawat yang dilaksanakan pada Tanggal 6 Mei 2019 lalu.

“Sehingga sejak minggu lalu sudah ada kesepakatan pemerintah melalui Menhub akan melakukan penurunan pada TBA, tarif batas bawah (TBB) nggak usah,” ujar dia.

Keputusan tersebut, lanjut Darmin, dikarenakan tarif tiket pesawat khususnya penerbangan domestik yang mengalami kenaikan cukup tinggi.

Dia menyebut, selama kuartal I-2019 telah terjadi kenaikan 11,4% di tingkat produsen. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan kenaikan tarif angkutan darat yang sebesar 1,69% (Bus), kereta api sebesar 2,44%, angkutan laut sebesar 2,01%, angkutan penyeberangan sebesar 1,69%.

“Jadi angka itu kemudian menunjukkan bahwa beban bagi konsumen yang mempengaruhi tentu saja pengeluaran rumah tangga itu cukup tinggi dan itu berarti konsumen dari angkutan udara bukan sekedar rumah tangga, ada sektor lain seperti pariwisata,” ungkap dia.

Baca Juga:  Elia Manik Dipecat Gara-Gara Minyak Tumpah

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer