Connect with us

Daerah

HMI Solo Komitmen Dukung dan Apresiasi Pembangunan Pemerintah

JARRAK.ID

Published

on

Kegiatan Deklarasi dan Diskusi Ilmiah Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Surakarta bertajuk "Politik Milenial: Membaca Surakarta 2019" di RM Mbak Yun, Surakarta (Doc. JARRAK)

SURAKARTA – JARRAK.ID – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Surakarta menggelar kegiatan Deklarasi dan Diskusi Ilmiah bertajuk “Edukasi Politik Milenial: Membaca Elektoral Surakarta 2019” di RM Dapur Ndesa Nogiri Mbak Yun, Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Surakarta. Kegiatan yang dihelat pada Rabu (13/02/2019) ini dihadiri sekira 300-an lebih milenial di Solo Raya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Wakil Dekan FEB UNS, Lukman Hakim, dan Akademisi, Okta H. Nurcahyono. Selain itu, sejumlah organisasi kepemudaan (OKP) dan komunitas milenial di Solo Raya hadir menjadi partisipan. Kegiatan dimulai dari pukul 13.30 WIB dengan protokeler HMI.

Dalam sambutannya, Ketua Umum HMI Cabang Surakarta, Brilian Kusuma Ardi, menjelaskan bahwa maksud kegiatan tersebut untuk menjaring partisipasi politik kalangan muda milenial Surakarta. Dia berharap, pemuda dan milenial tidak sekadar menjadi komoditi politik, tetapi juga terlibat secara aktif.

“Diskusi ilmiah ini untuk menunjukkan bahwa pemuda dan kalangan milenial memiliki proporsi yang besar untuk menetukan arah bangsa ke depan. Karena itu, kita secara tegas menolak golput. Kita menolak informasi fitnah, dan propaganda atasnama SARA,” ungkap Mas Bril, sapaan akrab Brilian, Rabu (13/02).

Bagi Bril, pemuda memiliki peranan penting dalam kontestasi politik 2019. Karena itu, pemuda dapat mengubah wajah demokrasi Tanah Air menjadi lebih bersih, adil, dan penuh optimisme.

“Karena itu, Komitmen moral dan edukasi politik perlu mereka tanamkan sejak dini supaya tidak mudah terjebak dalam kubangan pragmatisme,” lanjut Bril.

Dukung Pemerintah

Di akhir acara, HMI Cabang Surakarta mendeklarasikan komitmen dan sikapnya terkait kontestasi elektoral Pemilu 2019. Dibacakan langsung oleh Bril dan disaksikan ratusan peserta, HMI Cabang Surakarta berkomitmen menolak secara tegas kampanye berbau SARA. Selain itu, HMI juga komitmen melawan hoax dan informasi fitnah.

“HMI Cabang Surakarta siap mengawal pemilu damai 2019. Kemudian, HMI Cabang Surakarta akan terus mendukung dan mengawal pembangunan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah demi kemajuan bangsa dan negara. Terakhir, HMI juga menolak kekerasan dalam bentuk apapun atasnama SARA,” tegas mahasiswa UNS itu.

Dalam pantauan Jarrak, kegiatan itu berlangsung ramai dan tertib. Setelah pembacaan deklarasi, delegasi OKP dan sejumlah peserta berbondong menandatangani banner anti hoaks dan politik SARA yang disediakan oleh panitia.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer