Hingga Kini Proyek di RSUD Lombok Utara TA. 2019 Mangkrak, Polda NTB Harus Mengusut Tuntas

2 min read

RSUD Lombok Utara (doc. rsud.lombokutarakab.go.id

Lombok Utara — jarrak.id — Pekerjaan Penambahan Ruang IGD RSUD Lombok Utara yang seharusnya sudah rampung sejak bulan Desember 2019, sampai dengan saat ini tidak menunjukkan hasil sesuai dengan kontrak kerja.

Proyek yang mempunyai nilai kontrak Rp 5.156.431.712,17 ini, seharusnya sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Lombok Utara, namun kenyataannya justru terhenti dan mengganggu proses pelayanan kesehatan RSUD Lombok Utara kepada masyarakat.

Foto Kiri : Kondisi Proyek Desembe 2019
Foto Kanan : Kondisi Proyek Juni 2020

Hasil pantauan tim jarrak.id yang meninjau lokasi pada Sabtu (13/06/2020), menemukan fakta bahwa PT. Batara Guru Group, selaku pemenang lelang dan kontraktor tidak menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak.

Foto :Proyek RSUD Lombok Utara yang Mangkrak, Juni 2020
(Doc. jarrak.id)

Apakah RSUD Lombok Utara yang merupakan satuan kerja dari proyek pembangunan ini selaku Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran dan Pejabat Pembuat Komitmen/PPK sudah menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan Perpres No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah ?

Foto : Proyek RSUD Lombok Utara yang Mangkrak, Juni 2020
(Doc. jarrak.id)

Karena sangat jelas jika PT. Batara Guru Group melanggar kontrak pekerjaan, harus diberi sanksi sesuai dengan yang diatur dalam pasal 78 ayat (3) Perpres No. 16 Tahun 2018, dan harus dimasukan ke dalam Daftar Hitam Nasional sebagaimana telah diatur dalam pasal 78 ayat (5) Perpres No. 16 Tahun 2020.

Foto : Proyek RSUD Lombok Utara yang Mangkrak, Juni 2020
(Doc. jarrak.id)

Tentunya aparat penegak hukum, dalam hal ini jajaran Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat sudah seharusnya melakukan penyelidikan hingga ke akar masalah sebenarnya mengapa sampai terjadi gagalnya proyek pembangunan ruang IGD RSUD Lombok Barat yang menggunakan dana dari APBD Kabupaten Lombok Utara Tahun Anggaran 2019.

Foto : Proyek RSUD Lombok Utara yang Mangkrak, Juni 2020
(Doc. jarrak.id)

Ini menjadi tantangan besar bagi Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat, untuk bisa mengupas masalah ini menjadi terang benderang dan menghilangkan rasa penasaran yang sangat besar dari masyarakat terhadap macetnya proyek penambahan gedung IGD RSUD Lombok Utara.
Wartawan : Agus Jaya
Editor : AJR