Connect with us

Daerah

Heboh Foto Plakat Kerjasama Polri dan Kepolisian Tiongkok, Begini Kata Kapolres Ketapang

JARRAK.ID

Published

on

(Doc. Net)

KETAPANG – JARRAK.ID – Warga net sempat dihebohkan dengan adanya foto-foto yang beredar tentang plakat bertuliskan kantor kepolisian bersama Polri dengan kepolisian Tiongkok di Salah satu pabrik di Ketapang.

Mendengar kabar tersebut, Kapolres Ketapang, AKBP Sunario membantah soal kerja sama. Sunario mengatakan jika plakat sebagaimana pada foto yang beredar luas di dunai maya itu adalah dibuat oleh kepolisian Tiongkok sebagai contoh. Ia menegaskan jika disana tidak ada yang namanya kantor bersama kepolisian RI dengan Polisi Tiongkok.

“Kita enggak tahu mereka bawa plakat seperti itu. Mereka pesan sendiri,” kata Sunario, Jumat, (13/07/2018).

Terkait plakat yang beredar tersebut, Sunario mengatakan jika sampai saat ini antara kepolisian Indonesia dan Tiongkok tak pernah ada kesepakatan kerjasama apapun. Namun Sunario tak menampik jika memang sempat ada kunjungan dari kepolisian Tiongkok untuk melakukan kerjasama keamanan.

“Sudah dua kali mereka (Polisi Tiongkok) datang ke Ketapang. Kamis, (12/07/2018) kemarin kunjungan dari mereka yakni Wali Kota yang merangkap Kepolisian Suzhou,” tutur Sunario.

Kepala kepolisisan Suzhou yang melakukan kunjungan ke PT BSM di Ketapang menurut Sunario juga mengajak serta perwakilan Polres Ketapang. Sunario juga menceritakan jika kedatangan kepolisian Tiongkok tersebut ingin melakukan kerjasama. Namun Sunario menyarankan agar mengurus izin terlebih dahulu ke Mabes Polri.

“Kedatangan mereka mau mengajak kerjasama polisi Tiongkok dan Indonesia, tapi kerja sama tidak bisa ke kita, tapi harus ke Mabes Polri,” tterang Sunario.

“Jadi kami sarankan demikian dan mereka katanya mau buat surat ke Mabes Polri,” tambahnya.

Sebelumnya, sebuah foto plakat yang terdapat bendera Indonesia dan Tiongkok beredar luas di dunia maya. Foto tersebut diambil di kawasan industri PT Ketapang Ecology and Agriculture Foresty Industrial Park, di Kabupaten Ketapang, Kalbar.

Baca Juga:  Tidak Ada di Lapas Sukamiskin, Kemenkum HAM: Fuad Amin dirawat di RS Karena Muntah Darah

Dalam foto yang beredar di media sosial itu tergambar bahwa pada monumen itu tertulis Kantor Polisi Bersama, Kepolisian Negara Republik Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Kabupaten Ketapang, Biro Keamanan Publik Republik Rakyat Tiongkok Provinsi Jiangsu Resor Suzhou, serta Ketapang Ecology and Agriculture Foresty Industrial Park.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer