Connect with us

Politik

Hari Lahir Pancasila, JARRAK: Momentum Perkuat Kesatuan dan Persatuan Bangsa

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Sekretaris Badan Pimpinan Wilayah Jaringan Reformasi Rakyat (BPW Jarrak) DKI Jakarta, Asep Irama menilai Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni merupakan momentum untuk memperkuat rasa kebangsaan dan menghargai perbedaan

“Momentum Hari Lahir Pancasila perlu dimanfaatkan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, menjaga kebersamaan, menghargai perbedaan dan memperkuat rasa kebangsaan,” kata Asep dalam keterangan resmi yang diterima Jarrak.id, Jumat, (01/06/2018).

Hari Lahir Pancasila, kata Asep, perlu direfleksikan sebagai bahan renungan guna meneguhkan Pancasila sebagai ideologi bangsa. Pasalnya kata Asep, Indonesia dihadapkan pada berbagai ancaman yang berpotensi meruntuhkan Pancasila.

“Bhineka Tunggal Ika akan makin terjaga apabila nilai-nilai Pancasila melembaga di dalam diri setiap anak bangsa,” ujar alumnus Fakultas Hukum Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta tersebut.

Semua elemen bangsa, kata Asep, perlu meneguhkan komitmen dan konsensus untuk merawat Pancasila. “Seluruh komponen bangsa diingatkan untuk senantiasa menjunjung tinggi komitmen dalam mempertahankan ideologi Pancasila,” kata Asep.

Dengan demikian, tegas Asep, semangat persatuan dan kesatuan akan semakin kuat, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Membumikan Pancasila

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Front Pemuda Madura (Sekjen FPM), Mohammad Kayyis AR menegaskan, bahwa membumikan dan menghidupkan Pancasila dalam kehidupan nyata sangat penting.

“Euforia memperingati hari jadi Pancasila memang merupakan hal yang penting karena menandai kesadaran masyarakat mengenai Pancasila. Akan tetapi menghidupkan dan membumikan serta mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari juga sangat penting,” kata Kayyis dalam pesan singkat kepada redaksi, Jumat, (01/06/2018).

Menurut Kayyis, momentum 1 Juni juga dapat menjadi wahana bagi seluruh pihak, untuk meneguhkan kembali nilai-nilai kebersamaan sebagai suatu bangsa yang berbhinneka tunggal ika. Yang berbeda-beda tetapi tetap satu.

Baca Juga:  Daftar Nama yang Masuk Antrean Cawapres Jokowi

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer