Connect with us

Other

Hari Ini Presiden Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Joko Widodo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan secara resmi mengumumkan lokasi ibu kota baru Indonesia pada hari ini.

Pengumuman itu disampaikan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta, Senin (26/08/2019). Link YouTube yang diunggah Sekretariat Presiden ini berjudul “Upcoming Live | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru”.

“Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke pulau Kalimantan,” demikian cuplikan pidato Jokowi di awal video.

Selain itu juga ditampilkan cuplikan saat Presiden Jokowi mengunjungi sejumlah daerah yang akan menjadi lokasi ibu kota Indonesia.

Lalu di akhir video disampaikan bahwa pengumuman akan disiarkan secara langsung hari ini oleh akun YouTube Sekretariat Presiden.

Dapat diketahui, Presiden Jokowi pernah bilang bahwa calon ibu kota negara yang baru ada tiga provinsi, yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Namun, belakangan ini Kalimatan Timur menjadi calon terkuat setelah Menteri ATR Sofyan Djalil menyebut ibu kota negara akan dipindah ke Kalimantan Timur. Namun, setelah menyebutkan hal itu dirinya langsung meralat dan bilang bahwa Kalimantan Timur sebagai alternatif.

Sebelumnya, lokasi ibu kota baru negara Republik Indonesia diputuskan di Provinsi Kalimantan Timur. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri ATR Sofyan Djalil saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Kamis (22/8/2019).

“Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum,” katanya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer