Connect with us

Politik

Gus Yahya Diundang Yahudi, Istana: Publik Mestinya Bangga

JARRAK.ID

Published

on

Tenaga Ahli Utama Deputi IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Polemik soal hadirnya Wantimpres Yahya Cholil Staquf sebagai pembicara dalam kegaitan yang digelar American Jewish Commiter (AJC) Global Forum di Yerusalem terus menjadi perdebatan.

Bahkan, Istana Kepresidenan menyebut Gus Yahya, sapaan akrab Yahya Cholil Staquf, diundang oleh komunitas Yahudi AJC itu sebelum dia menjabat anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Hal itu ditegaskan oleh Tenaga Ahli Utama Deputi IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin. Ngabalin mengungkapkan, kepada duduk perkara status Yahya Staquf dalam forum Yahudi yang belakang memicu pro dan kontra itu adalah urusan pribadi.

“Pertama beliau diundang itu jauh sebelum (menjabat) anggota Wantimpres, itu satu. Kedua, undangan itu atas nama pribadi,” ujar Ngabalin kepda wartawan dalam acara open house di rumah dinas Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Jumat malam, (15/6/2018), dikutip viva.co.id.

Ngabalin menilai, masyarakat Indonesia harusnya merasa bangga atas diundangnya Yahya Staquf karena kapasitas dan kapabilitasnya sebagai cendekiawan. Apalagi, lanjut Ngabalin, pidato yang diucapkan Gus Yahya mengandung nilai yang baik, ykani tentang upaya penyelesaian konflik Palestina dengan Israel melalui konsiliasi damai.

Dikutip dari viva.co.id, Ngabalin lalu menyadur gagasan Yahya tentang rahmat. Ngabalin menjelaskan, Gus Yahya banyak menyinggung tentang upaya mengedepankan cinta dan kasih dalam penyelesaian segala masalah. Tidak hanya kepada Muslim, tetapi juga pemeluk agama lain di Palestina.

“Yang mati (baca: menjadi korban militer Israel) itu bukan hanya orang Islam; banyak orang Nasrani. Itu mesti teman-teman di Indonesia yang harus tahu bahwa yang dizalimi dan dianiaya not for Muslim only (tidak hanya Muslim). Maksud saya, jangan cepat reaksi melihat masalah itu,” pungkas Ngabalin.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer