Connect with us

Daerah

Guru Asal Cilegon Tersangka Baru Kasus Hoaks Surat Suara Tercoblos

JARRAK.ID

Published

on

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Seorang guru berinisial MIK asal Cilegon menjadi tersangka baru dalam kasus hoaks 70 juta surat suara tercoblos.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono menyebut, dalam hasil pemeriksaan MIK diduga membuat narasi berita bohong di akun Twitternya dengan maksud memberitahu paslon Prabowo – Sandiaga Uno.

Bahkan dalam cuitan MIK, akun Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak turut dimention oleh pelaku.

@dahnilanzar. Harap ditindaklanjuti, informasi berikut: Di Tanjung Priuk Ada 7 Kontainer berisi 80jt surat suara yang sudah dicoblos. Hayo pada merapat pasti dari Tiongkok tuh,” konten cuitan MIK sebagaimana dibacakan Argo di Jakarta, Jumat, (11/01/2019).

Argo menjelaskan, kalimat postingan di akun Twitter pelaku @chiecilihieii80 di unggah pukul 24.04 WIB tanggal 2 Januari 2019. Kata Argo, kalimat tersebut dibuat serta disebarluaskan sendiri oleh pelaku.

Hasil proses penyidikan juga menyebut bahwa kebenaran sumber infomasi tersebut sampai saat ini tidak dapat dibuktikan oleh MIK.

“Setelah infomasi tersebut viral, tersangka menghapus postingannya dari akun Twitter miliknya,” jelasnya.

Sebelumnya, polisi telah menangkap empat orang lainnya. Mereka adalah HY, ditangkap di Bogor dan LS diamankan di Balikpapan. Satu lagi, J dibekuk di Brebes, Jawa Tengah dan BBP di Sragen, Jawa Tengah.

Atas perbuatan itu, MIK dikenakan Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) UU 19/2016 tentang perubahan atas UU 11/2008 tentang informasi elektronik, dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp 1 Milyar.

MIK juga berpotensi dikenakan Pasal 14 dan Pasal 15 UU 1/1946 tentang peraturan Hukum Pidana, dengan pidana penjara paling singkat 2 tahun dan paling lama 10 tahun.

Baca Juga:  Polres Sumenep Amankan Tiga Pelaku Curanmor

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer