Connect with us

Daerah

Gunung Agung Status Siaga, Masyarakat Diimbau Waspada

JARRAK.ID

Published

on

Gunung Agung (Doc. Net)

BALI – JARRAK.ID – Gunung Agung kembali mengalami erupsi pada Selasa (29/5/2018) sekitar jam 05.39 WITA. Gunung setinggi 3.142 mdpl itu teramati mengalami erupsi keluar dan mengarah ke barat daya.

“Gunung Agung kembali mengalami erupsi dini hari tadi. Kolom abu mencapai 500 meter di atas puncak,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat dikonfirmasi, Selasa (29/5/2018).

Melalui laporan yang dilansir Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolam abu teramati 500 meter dari atas puncak.

Seperti diberitakan, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 6 mm dan durasi 4 menit 25 detik.

Berdasarkan laporan yang disusun PVMBG, pengamatan periode pukul 00.00-06.00 WITA terekam gempa letusan satu kali dan gempa terasa satu kali. Karena itu, saat ini Gunung Agung berada pada status level III atau siaga.

PVMBG meminta masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya.

Masyarakat diimbau untuk menjauhi area di dalam radius empat kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Menurut PVMBG, zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi serta dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan.

Aliran lahar ini dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer