Connect with us

Elektoral

Gugatan Rhoma Irama soal Partai Idaman Ditolak PTUN

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA – JARRAK.ID – Hakim Pengadilan Tat Usaha Negara Jakarta memutuskan menolak gugatan Ketua Umum Partai Islam Damai Aman Rhoma Irama terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Materi gugatan dan berkas bukti diajukan, menurut hakim, tidak memenuhi syarat KPU meloloskan partainya menjadi peserta pemilu 2019.

“Gugatan penggugat tidak terbukti dan beralasan hukum, maka gugatan hukum ditolak. Mengadili, menyatakan eksepsi tidak diterima dalam pokok sengketa. Menolak gugatan dalam hukum, menghukum penggugat bayar ke PTUN Rp985 rib,” sebut Hakim Arief Pratomo dalam amar putusan yang dibacanya di PTUN Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Bahkan begitu, hakim menganggap gugatan Rhoma Irama terkait Partai Idaman tidak diuraikan secara lengkap. Karenanya, gugatan Partai Idaman dianggap hakim tidak jelas.

“Maka sangat berdasar pengadilan mengesampingkan gugatan penggugat,” kata Hakim Arief.

Partai Idaman melalui ketua umumnya menyatakan akan menggugat KPU karena tidak meloloskan partainya sebagai peserta pemilu 2019 mendatang.

Bahkan, Rhoma mengungkapkan akan tetap membuat poros koalisi permanen untuk mendukung melaksanakan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden pada 2019. bagi Rhoma, hal ini sebagai bentuk ekspresi untuk menunjukkan bahwa partainya dapat mewujudkan keamanan dan kedamaian.

Dalam gugatannya, Rhoma menilai JPU telah melakukan pelanggaran administrasi karena tidak meloloskan Partai Idaman sebagai partai peserta pemilu.

Padahal, kata dia, sesuai putusan Mahakamah Konstitusi (MK) Nomor 53/PUU-XV/2017, KPU sebagai badan penyelenggara pemilu wajib laksanakan verivikasi terhadap seluruh partai politik.

Rhoma Irama menggugat KPU ke PTUN menyusul putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang menolak gugatan Partai Idaman.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, pihak yang keberatan atas putusan Bawaslu diperbolehkan untuk mengajukan tuntutan ke PTUN.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer