Connect with us

Bisnis

Gubernur Jawa Timur Siap Dukung Peningkatan Pengelolaan Kopi Bondowoso

MOH AIDI

Published

on

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar parawansa saat mengunjungi para pekerja kopi di Kabupaten Bondowoso (Doc. JARRAK)

BONDOWOSO – JARRAK.ID – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan Pemprov Jawa Timur siap mendukung peningkatan pengolahan kopi di Kabupaten Bondowoso.

Kabupaten Bondowoso selama ini tidak hanya terkenal dengan tape manis. Selain itu, Bondowoso juga sebagai salah satu dearah penghasil kopi.

Khofifah menegaskan, Kabupaten Bondowoso adalah penghasil kopi dan siap bersaing dengan kopi dunia.

Apalagi kata dia, kopi sebagai produk unggulan dan sudah memiliki perluasan lahan sebagai pengembangan dan kluster kopi.

“Industri kopi seperti ini akan menjadi inspirasi bagi seluruh petani kopi di seluruh Indonesia. Tentunya pemerintah harus mendorong perusahaan pengolahan agar bisa meningkatkan produksi kopi, terutama di Provinsi Jawa Timur,” Katanya saat mengunjungi dan melihat langsung para pekerja pabrik pengolahan kopi yang ada di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Sabtu (03/08/2019).

Menurutnya, sampai saat ini Indonesia merupakan produsen kopi nomor empat di dunia. Dimana sebelumnya, Indonesia itu produsen kopi nomor tiga di dunia.

Dengan demikian kata dia, kalau produk ini bisa diekspor maka akan meluaskan jaringan pasar ekspor Indonesia terutama dari Jawa Timur.

Dampaknya juga banyak karyawan, terutama para perempuan akan menjadi bagian dari penguatan pemberdayaan perempuan.

“Sehingga, diharapkan antara sektor agro dan manufaktur itu berseiring untuk bisa meningkatkan kesejahteraan para petani dan menyerap tenaga kerja,” tandas Khofifah.

Advertisement

Populer