Connect with us

Mancanegara

Guatemala Ikuti AS Pindahkan Kedutaan Besarnya Bulan Mei

JARRAK.ID

Published

on

WASHINGTON – JARRAK.ID – Guatemala akan memindahkan Kedutaan Besarnya dari Tel Aviv (Israel) ke Jerusalem pada bulan Mei 2018. Langkah ini mengikuti jejak Amerika Serikat (AS) yang dalam minggu terakhir ini mengabarkan hal serupa.

Presiden Guatemala, Jimmy Morale membenarkan langkah tersebut pada Konferensi pers tahunan kebijakan Komite Publik Amerika-Israel (AIPAC) di Washington, DC, Senin (06/0318)

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Donald Trump karena telah memimpin keputusannya yang berani, yang telah mendorong kita untuk melakukan yang benar.”

“Saya telah menginstruksikan dua hari stelah AS memindahkan kedutaannya, Guatemala akan memindahkan kedutaan secara permanen ke Jerusalem,” kata Morale seperti dilansir Times of Israel, Senin (06/03/18).

Morales telah mengumumkan niatnya mengikuti jejak Trump untuk memindahkan kedutaan dari Tel Aviv ke Jerusalem pada Desember lalu. Keputusan itu diambil Morales meskipun Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah mengeluarkan resolusi yang menolak langkah Trump tersebut.

Gutemala adalah satu dari sedikit negara yang mendukung keputusan Presiden Trump pada bulan Desember untuk mengikuti Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Negara itu menjadi yang pertama setelah AS yang menetapkan tanggal untuk memindahkan kedutaannya di Israel dari Tel Aviv ke Jerusalem.

Pada tahun 1947, Guatemala adalah negara pertama yang memberikan suaranya untuk pembentukan Negara Israel. Lalu, pada tahun 1959, Guatemala menjadi negara pertama yang membuka kedutaannya di Jerusalem.

Akan tetapi pada tahun 1980, Guatemala terpaksa memindahkannya ke Tel Aviv, setelah Dewan Keamanan PBB meminta negara ini dan negara-negara lain agar mencabut kedutaan besar mereka di Jerusalem.

Guatemala adalah satu dari delapan negar yang memilih untuk menentang resolusi PBB. Artinya, Guatemala menjadi pendukung Amerika Serikat atas keputusan Donald Trump terhadap Jerusalem.

Baca Juga:  Diam-Diam, Israel Percepat Izin Relokasi Kedubes AS ke Yerusalem

“Kami yakin banyak negara lain akan mengikuti langkah kami,” ucap Morales penuh percaya diri.

Sementara itu, Liga Arab merespon keputusan Guatemala tersebut dengan ancaman untuk menghentikan impor kapulaga dari Guatemala jika negeri itu tidak mengubah rencana memindahkan kedutaan ke Jerusalem.

Sedangkan untuk kedekatan Guatemala dengan AS begitu mesra. AS adalah negara pendonor penting bagi Guatemala. Washington berencana memindahkan Kedutaan AS dari Tel Aviv ke Jerusalem pada 14 Mei, tepat di Hari Ulang Tahun Israel.

 

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer