Connect with us

Daerah

Giliran Kalimantan Barat Tolak Aksi Ganti Presiden, Kapolda: Jika Ngotot, Kita Bubarkan

JARRAK.ID

Published

on

Salah satu kegiatan bertajuk #2019GantiPresiden (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Gerakan #2019GantiPresiden terus mendapatkan penolakan di sejumlah daerah. Setelah kemarin (25/08/2018) ditolak di Pekanbaru, Riau, hari ini (26/08/2018) menyebabkan bentrokan di Surabaya, kini giliran Kalimantan Barat juga menolak gerakan serupa.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal (Irjen) Didi Haryono mengaku akan melarang kegiatan dalam bentuk apapun, yang bertemakan #2019GantiPresiden di wilayahnya. Hal ini dilakukan Polda Kalbar atas pertimbangan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Hasil analisis dan penilaian kami, dari aspek Kamtibmas kegiatan itu lebih banyak mudaratnya, karena banyak resistensi, banyak yang menentang,” kata Didi Haryono di Pontianak, Minggu (26/08/2018) dilansir Antara.

Polda Kalbar kata Didi, tak akan mengeluarkan ijin apabila ada pihak-pihak yang mengajukan ijin kegiatan tersebut. Jika masih melanggar dan ada pihak-pihak yang memaksa melakukan aksi tanpa ijin, aparat kepolisian tak akan sungkan untuk membubarkan.

Selain itu, Didi tak ingin kegiatan #2019GantiPresiden dapat mengangu kondusifitas masyarakat di daerahnya. Apalagi saat ini menurutnya, pihak kepolisian dan masyarakat tengah bersama-sama menangani sejumlah kasus kebakaran hutan yang terjadi di Kalbar.

“Jangan lagi dibebankan dengan masalah lainnya,” tegas Didi.

Kendati hingga saat ini belum ada pihak-pihak tertentu yang mengajukan ijin kegiatan #2019GantiPresiden, namun menurut Didi sudah ditemukan adanya selebaran terkait rencana kegiatan tersebut di Kalbar.

“Kemarin ada dari aliansi masyarakat tolak #2019GantiPresiden, yang menyampaikan aspirasinya menolak kegiatan tersebut, sehingga kami tidak memberikan izin untuk kegiatan tersebut,” tuturnya.

Didi lantas berpesan kepada masyarakat yang ingin mengadakan aksi tersebut agar berpikir dua kali jika tidak ingin dibubarkan.

Baca Juga:  DKI Tanggung Pengobatan Petugas Damkar yang Terluka

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer