Connect with us

Daerah

GenBI Jember Beri Bantuan untuk Musolla Al-Hidayah

MOH AIDI

Published

on

GenBI Jember, Jawa Timur saat melakukan kegiatan sosial di Musolla Al Hidayah, Pujer, Jember (Doc. JARRAK)

JEMBER – JARRAK.ID – Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember, Jawa Timur, kembali menggelar kegiatan sosial di Musolla Al-Hidayah di Desa Kasiyan, Puger, Sabtu, (23/02/2019).

Kegiatan tersebut dilakukan karena melihat kondisi musolla yang memprihatinkan. Selain sempit, musolla tersebut dibagun di atas kandang hewan.

Musolla dibangun sebagai wujud empati dari salah satu warga. Selain itu juga karena mirisnya kesadaran masyarakat terhadap kehidupan religi. Serta untuk memajukan dan memberikan pendidikan baca tulis Al-Quran kepada anak-anak desa.

Selain untuk tempat beribadah, musolla Al-Hidayah juga digunakan untuk tempat pembelajaran. Meski ruangan yang sempit, Ida dan Mukit tak patah semangat untuk memberikan pelajaran kepada santrinya.

“Memang keinginan anak-anak untuk mengaji sangat tinggi, walupun fasilitas yang kami sediakan sangat terbatas, kami tetap mengajarkan mereka dengan ikhlas tanpa meminta finansial dari orangtua mereka,” jelas Ida.

Ida mengatakan bahwa musolla ini dibangun karena melihat pengaruh lingkungan yang semakin merusak akhlak anak-anak dan juga melihat musolla-musholla terdekat tidak digunakan untuk belajar ngaji, sehingga dirinya berinisiatif untuk mengajari ngaji walaupun dengan fasilitas yang seadanya.

Sementara itu, Team Leader Kegiatan Sosial, Mohammad Wasil mengatakan kegiatan sosial ini merupakan upaya peduli mahasiswa untuk membantu mereka yang membutuhkan. Meski, kata dia, hanya seadanya dan semoga bisa bermanfaat untuk para santri.

“Memang kondisi di musholla ini sangat miris sekali, mereka saling bergantian ketika shalat berjamaah, karena memang tidak bisa menampung santri yang lumayan banyak,” tandas Wasil.

Baca Juga:  Keluarga Pasien Minta Maaf Sebut PMI Pamekasan Tak Becus

Berita Populer