Connect with us

Mancanegara

Gempa Berkekuatan 7,5 Guncang Papua Nuigini, 30 Orang Diyakini Tewas

JARRAK.ID

Published

on

PORGERA – JARRAK.ID –  Gempa kuat mengguncang Papua Nuigini, Senin (26/02/18) dini hari. Gempa pertama terjadi pukul 00.44 WIB dengan kekuatan 7,6 Skala Richter (SR), dengan kedalaman 96 Kilometer.

Gempa bertitik pusat di 90 kilometer sebelah selatan Kota Porgera, Provisi Enga. Gempa susulan dengan skala sekitar 5 SR masih menggoyang wilayah sekitarnya.

Seperti dilansir dari Ost Courier, mengutip pernyataan pejabat Provinsi Hela, William Bando, melaporkan, banyak terdapat korban jiwa dan kerusakan. Namun jumlah pastinya belum bisa disebutkan.

Sementara hari ini, harian yang sama juga melaporkan, sebanyak 13 orang tewas di wilayah Mendi, Southern Highlands, sementara 18 lainnya di dekat Kutubu dan Bosave juga diyakini menjadi korban tewas. Sebanyak 300 orang terluka dan bangunan rusak, serta telah terjadi longsor di kawasan tersebut.

Sejak kemarin, pemerintah kesulitan mengakses informasi dan okasi di daerah terdampak gempa karea eilayahnya terisoasi oleh pegunungan.

Pemerintah sedang mengirim tim peninjau yang telah diterbangkan ke wilayah terkena gempa. Pada Selasa (27/02/18), tim diharapkan dapat melaporkan dampak dari guncangan gempa.

Gubernur Hela, Philip Undialu, mengatakan kepada surat kabar The National, kerusakan akibat gempa di wilayahnya cukup masih.

“Sekala kerusakan, dari informasi yang kami terima di lapangan, cukup luas,” ujarnya, seraya menambahkan ada 19 lokasi yang terjadi longsor antara mendi dan Kota Mount Hagen.

“Kantor polisi, gedung pengadilan, rumah sakit, bahkan rumah-rumah warga hancur atau terbenam ke tanah. Proses pemulihannya akan sangat masif,” ujarnya, seperti dilansir dari AFP, Selasa (27/02/18).

Pemerintah Papua Nuigini, saat berita ini diturunkan, sedang mengirim tim peninjau yang telah diterbangkan ke lokasi terdampak gempa untuk mengumpulkan informasi seakurat mungkin. Sedangkan Pasukan khusus Papua Nuigini setelah gempa usai langsung diterjunkan ke lokasi kejadian, dan sesigap mungkin melakukan pertolongan pertama.

Baca Juga:  Putin Kembali Menangkan Pilpres Rusia

Gempa bumi kerap melanda Papua Niugini, mengingat negara tersebut terletak di Cincin Api Pasifik, sebuah area di mana aktivis seismik berada.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer