Connect with us

Mancanegara

Gelombang Panas Terjang Korsel, 42 Orang Dinyatakan Tewas

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

SEQUL – JARRAK.ID – Gelombang panas terus terjadi di sejumlah negara terutama wilayah Asia. Setelah Jepang, Cuaca panas ekstrem juga dilaporkan melanda Negeri Ginseng, Korea, tepatnya Korea Selatan.

Bahkan akibat terjangan gelombang panas ini sekitar 42 orang dinyatakan tewas pada Selasa (07/08/2018) lalu.

Korea Selatan diketahui telah dilanda gelombang panas panjang selama kurang lebih 15 hari. Suhu udara disebut mencapai 35 derajat Celcius.

Dikutip dri CNN, otoritas yang menangani urusan Klimatologi, Meteorological Administration (KMA) menyebutkan bahwa puncak suhu paling panas yang terjadi di Korsel selama kurun waktu 111 tahun terakhir adalah pada Rabu (08/09/2018) dimana suhu udara mencapai 39,6 derajat Celcius.

Pihak terkait juga memperkirakan sebanyak 3.438 orang telah mengunjungi Rumah Sakit per 20 Mei hingga 6 Agustus 2018.
Akibat kejadian ini, Perdana Menteri mengeluarkan instruksi agar seluruh pekerja di kawasan konstruksi untuk berhenti bekerja pada siang hari saat suhu udara masih berlangsung ekstrem.

Selain itu, pemerintah setempat juga telah berupaya mengatasi kondisi tersebut dengan cara menyediakan cairan dan pendingin untuk 1.000 petani lansia.
Analisis dari AccuWeather, Joel Myers memperingatkan bahwa beberapa kelompok usia sangat rentan terhadap suhu tinggi.

“Para lansia dan mereka dengan kondisi sakit yang sudah ada sebelumnya, seperti asma dan gagal jantung cenderung menghadapi kesehatan menurun karena cuaca,” kata dia.

“Kelelahan, stroke, dehidrasi, migrain, kurang tidur, dan perubahan suasana hati semua bisa terjadi karena panas yang berbahaya. Data sebelumnya menunjukkan bahwa lebih banyak orang cenderung terlibat dalam kecelakaan lalu lintas akibat panas, seperti penurunan kemampuan untuk berkonsentrasi, kualitas tidur yang buruk yang mereka dapatkan, dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Baca Juga:  Jelang Pertemuan dengan Kim Jong-un, Korea Selatan Hentikan Siaran Propaganda

Sementara itu, Jumlah orang yang menderita kepanasan di Korea Selatan tahun ini merupakan yang tertinggi dari data yang sudah digabungkan pada tahun 2011.

Pada tahun lalu, kurang dari 1600 orang didiagnosis mengalami kepanasan yang luar biasa selama musim panas, yang diukur antara 29 Mei dan 8 September.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer