Connect with us

Daerah

Foto Bangkai KM Sinar Bangun yang Tersebar Hanya Hoaks

JARRAK.ID

Published

on

Foto yang diduga bangkai kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam di peraiaran Danau Toba, Sumatera Utara (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Tersebar sebuah foto kapal yang diklaim sebagai foto bangkai kapal KM Sinar Bangun sejak Senin (25/6/2018). Namun, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantah bahwa foto tersebut bukan KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba.

Juru Bicara BNPB Sutopo Purno Nugroho mengungkapkan, foto itu adalah bohong alias hoax. Foto yang bergambar latar hijau itu diduga hasil editan.

“Hingga saat ini bangkai kapal belum ditemukan secara pasti. Apalagi difoto di dasar danau. Kedalaman dasar Danau Toba 490 m, kondisi gelap, dingin dan belum ada alat atau penyelam hingga di dasar danau,” ujar Sutopo, Selasa (26/6/2018), dilansir suara.com.

Menurut Sutopo, proses pencarian penumpang dan kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba pada hari kesembilan dilanjutkan penggunaan helikopter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara (Sumut) Riyadil Akhir Lubis mengungkapkan, ada tiga helikopter yang dioperasikan dalam proses pencarian di Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Selasa (26/6/2018). Dijelaskan, ketiga pesawat itu adalah milik Basarnas, PT Jafpa yang mengelola keramba di Danau Toba, dan milik Polri.

Menurutnya, helikopter tersebut akan diterbangkan dari Bandara Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara untuk menyisir perairan Danau Toba. Riyadil menyebut, selain menggunakan helikopter, pencarian korban juga dilakukan dengan mengerahkan kapal dan perahu untuk.

Di samping peralatan yang dimiliki Basarnas, pencarian juga dengan memanfaatkan sembilan kapal dari Pemkab Samosir, serta perahu dari BPBD Sumatera Utara dan kabupaten/kota.

Proses pencarian korban tenggelamnya KM Sinar Bangun oleh tim gabungan telah menemukan sejumlah material yang diduga milik penumpang KM Sinar Bangun. Temuan tersebut seperti helm, STNK, jaket, boneka, dan sepatu.

Seperti diketahui, KM Sinar Bangun yang mengangkut seratusan penumpang dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dengan Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer