Connect with us

Other

Forum Ulama BPI KPNPA RI Gelar Dzikir dan Doa Bersama untuk Keutuhan NKRI di Madiun

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Umum BPI KPNPA RI, Rahmad Sukendar bersama para pejabat daerah Kabupaten Madiun dalam acara 'Road Shoaw Dzikir, Muhasabah dan Doa Bersama untuk Bangsa dan NKRI serta Berbagi Kasih dengan Yatim, Piatu dan Dhuafa' di Madiun, Jawa Timur (Doc. JARRAK)

MADIUN – JARRAK.ID – Forum Ulama Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) kembali menggelar istiqasah dan doa bersama di Masjid Agung Quba, Madiun, Jawa Timur, Sabtu, (12/05/2018).

Kegiatan bertajuk ‘Menciptakan Situasi Kamtibnas yang Kondusif Tanpa Adanya Hoax dan Ujaran Kebercian’ merupakan rangkain dari acara “Road Shoaw Dzikir, Muhasabah dan Doa Bersama untuk Bangsa dan NKRI serta Berbagi Kasih dengan Yatim, Piatu dan Dhuafa”, yang digelar BPI KPNPA RI di berbagai daerah di Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Madiun, Muhtarom; Wakil Bupati Madiun, Iswanto; Sekda Madiun, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ulama`, kiai, santri dan masyarakat Madiun serta undangan yang mencapai 2.000 orang.

Ketua Umum BPI KPNPA RI, Rahmad Sukendar mengatakan, pihaknya sengaja menyelenggarakan doa dan dzikir bersama ke berbagai daerah untuk mendoakan seluruh elemen bangsa agar terhindar dari perpecahan dalam menyambut Pilkada 2018 yang dilanjutkan dengan Pilpres 2019 mendatang.

“Tujuan yang paling pokok lainnya tentu untuk mentransformasikan energi positif kepada seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus untuk mempererat ukhuwah islamiah,” kata Sukendar disela-sela kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mendoakan lima anggota Korp Bayangkara yang gugur dalam kerusuhan di Markas Komando (Mako) Brimob, Kelapa Dua, Depok, beberapa waktu yang dipicu oleh aksi provokasi para narapidana kasus terorisme.

“Kami juga mengutuk keras aksi terorisme yang mengakibatkan meninggalnya lima anggota kepolisian dalam insiden di Mako Brimob. Suluruh anak bangsa harus bersatu dan menyatakan perang terhadap aksi terorisme.”

“Kita juga mengapresiasi langkah cepat kepolisian untuk memulihkan situasi dan kondisi di lapangan pasca kerusuhan. Kepolisian dan lembaga terkait lainnya harus diakui telah bekerja keras untuk memberantas kejahatan terorisme di Indonesia,” kata Sukendar.

Baca Juga:  Aris Budiman Dituduh Kuda Troya, BPI KPNPA RI: Ada Oknum KPK Kepentingannya Sedang Terancam

Perangi Hoax dan Ujaran Kebencian

Selain itu, Sukendar juga mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak terprovokasi informasi hoax dan adu domba yang jamak dijumpai di berbagai media sosial.

“Kita harus cerdas dan cermat dalam menerima informasi. Karena menjelang pilkada, dengan mudah kita temui informasi hoax yang hanya berisi fitnah dan adu domba dengan menggunakan isu SARA untuk memecah persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa. Hal semacam ini harus kita hindari,” kata Sukendar.

Menurut Sukendar, isu SARA justru lebih berbahaya dibandingkan politik uang (money politic) dalam pemilu. Karena isu SARA memiliki efek jangka panjang yang menimbulkan perbedaan dan perpecahan di masyarakat.

“Penggunaan isu SARA yang ditransformasikan melalui berbagai media dan tindakan praktis telah menjadi pemicu tumbuh suburnya konflik sosial dalam kehidupan masyarakat. Tentu kita tidak menginginkan itu terjadi,” ucap Sukendar.

Santuni Yatim Piatu dan Dhuafa

Dalam kesempatan tersebut, BPI KPNPA RI juga memberikan santunan kepada yatim piatu dan dhuafa sebagai wujud kepeduliaan terhadap sesama. “Kami memiliki komitmen yang tinggi untuk berupaya meringankan saudara-saudara kita yang memiliki nasib kurang beruntung,” tegas Sukendar.

Sukendar berharap kegiatan positif seperti ini dapat mendorong seluruh elemen untuk memiliki kepedulian yang sama dalam memperhatikan nasib anak-anak yatim dan dhuafa.

“Harapan besarnya kegiatan ini dapat menjadi inspirasi dan spirit bagi semua anak bangsa agar anak-anak yatim dan dhuafa lebih diperhatikan,” demikian tukas Sukendar.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer