Connect with us

Daerah

FOKUS: Edisi ‘Bersih-bersih’ Kemenkum HAM di Lapas Sukamiskin Pasca OTT KPK

JARRAK.ID

Published

on

Lapas Sukamiskin (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengambil tindakan tegas dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Lapas Klas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat pasca OTT KPK terhadap Kalapas Sukamiskin.

Sidak dipimpin langsung Ditjen PAS Kemenkumham, Sri Puguh Budiutami, didampingi Kakanwil Jabar, Indro Purwoko.

Berdasarkan pantauan, sidak telah dimulai sekitar pukul 19.00 WIB, Minggu, (22/07/2018) dan berakhir sekitar pukul 24.00 Wib.

Dalam sidak tersebut, Kemenkumham menyisir dan melakukan pemeriksaan terhadap setiap kamar yang dihuni para tahanan kasus tindak pidana korupsi, kecuali kamar yang disegel oleh KPK.

Ratusan petugas dari berbagai lapas di wilayah Jawa Barat, seperti Lapas Jelekong dan lapas lainnya ikut dikerahkan dalam sidak tersebut.

Hasilnya cukup mengejutkan. Berbagai barang seperti lemari es, televisi, speaker, kompor gas, tabung gas, microwave, dispenser, alat-alat masak hingga uang tunai dengan total Rp 102 juta ditemukan dalam sidak tersebut. Padahal berdasarkan aturan, barang-barang tersebut tidak boleh masuk ke dalam Lapas.

“Para tahanan sangat kooperatif dengan menyerahkan setiap kamarnya untuk diperiksa oleh petugas. Pemeriksaan ini tentu bertujuan untuk melakukan penataan terhadap barang-barang yang diperbolehkan dan dilarang,” tegas Sri Puguh.

Sri Puguh menegaskan bahwa di Lapas tidak boleh ada peredaran uang, itulah sebabnya pihaknya sengaja mengamankan uang tersebut.

Menurut Sri Puguh, kegiatan ini sebagai bentuk perbaikan pasca OTT KPK. Selain melakukan sidak di Lapas Sukamiskin, Sri Puguh memastikan bahwa semua lapas di seluruh Indonesia juga ikut disidak.

“Kita akan melakukan pembenahan. Sesuai instruksi Menteri Hukum dan HAM (Yasonna Laoly) di seluruh Indonesia. Kita akan kembalikan sesuai standar,” ucapnya.

Penertiban Saung ‘Mewah’

Selain itu, kegiatan ‘bersih-bersih’ Kemenkumham di Lapas Sukamiskin akan terus dilanjutkan. Pasca melakukan penyisiran terhadap seluruh kamar tahanan, pihak Kemenkumham juga akan membongkar saung-saung yang berjejer di sekitar Lapas Sukamiskin, yang biasanya digunakan untuk tempat berkunjung keluarga.

Saung yang terdapat di Lapas Sukamiskin dan digunakan sebagai tempat berkunjung keluarga (Foto: Istimewa)

Plh Kalapas Sukamiskin Alfi Zahrin Kiemas mengatakan sampai saat ini saung ‘elite’ memang masih berdiri di dalam lapas. Saung tersebut digunakan untuk tempat berkunjung keluarga.

Baca Juga:  Waduh, Nama Kabareskrim Polri Dicatut Situs Hoax: Sebut Polri Tetapkan Hendropriyono Tersangka

“Masih (saung). Tadi malam kan sudah disampaikan oleh Bu Dirjen, untuk sementara ini digunakan tempat kunjungan,” ucap Plh Kalapas Sukamiskin Alfi Zahrin Kiemas di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Senin, (23/07/2018).

Namun sebelum menertibkan saung ‘mewah’, pihak Lapas Sukamiskin akan menyiapkan tempat baru bagi para pengunjung lapas. “Kita akan siapkan tempat yang baru dulu, baru setelah itu akan kita menertibkan saung tersebut,” tegas Alfi.

Apresiasi Sikap Kemenkumham

Sementara itu, Sekretaris Badan Pimpinan Wilayah Jaringan Reformasi Rakyat (BPW Jarrak) DKI Jakarta, Asep Irama mengapresiasi tindakan tegas dan cepat Kemenkumham dalam rangka mengembalikan situasi lapas sesuai dengan prosedur.

Sekretaris Badan Pimpinan Wilayah Jaringan Reformasi Rakyat (BPW Jarrak) DKI Jakarta, Asep Irama (Doc. JARRAK)

“Kita harus apresiasi tindakan cepat dan tegas Kemenkumham dalam memperbaiki kondisi lapas, terutama di Sukamiskin pasca OTT KPK. Sekalipun tidak mudah, tapi langkah Kemenkumham wajib kita hargai,” kata Asep dalam pesan singkat kepada Jarrak.id, Senin malam, (23/07/2018).

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer