Connect with us

Bisnis

Enggan Tetapkan Gempa Lombok Sebagai Bencana Nasional, Pemerintah Tak Ingin Rugi

JARRAK.ID

Published

on

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Setelah didesak sejumlah pihak untuk menetapkan status bencana gempa bumi Lombok, NTB menjadi bencana nasional, pihak istana akhirnya angkat bicara.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, sektor pariwisata menjadi alasan mengapa hingga kini pemerintah enggan menetapkan gempa Lombok sebagai bencana nasional.

Pram, sapaan akrab Pramono menambahkan, jika status gempa di Lombok dinaikkan menjadi bencana nasional, hal itu akan berdampak kepada kunjungan wisatawan ke berbagai wilayah di Lombok bahkan Bali.

Tak hanya itu, menurut Pram dengan penetapan status gempa Lombok sebagai brncana nasional, justru akan mengakibatkan terjadinya kerugian bagi negara.

“Kalau kami menyatakan bencana nasional berarti bencana itu seluruh nasional dan menjadikan travel warning. Negara-negara bukan hanya ke Lombok tapi bisa ke Bali dampaknya luar biasa yang biasanya tidak diketahui oleh publik,” ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin, (20/08/2018).

Pemerintah, kata Pram tak ingin salah mengambil kebijakan. Pasalnya, penetapan status bencana nasional bukan tidak mungkin akan benar-benar menutup pintu bagi wisatawan untuk berkunjung ke pulau-pulau yang ada di Bali dan Lombok.

“Jadi supaya tidak salah karena begitu bencana nasional dampaknya luar biasa,” terang Pram.

Dikonfirmasi terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku belajar dari pengalaman terkait belum ditetapkannya status gempa Lombok menjadi bencana nasional. Pengalaman yang dimaksud Luhut saat terjadinya letusan Gunung Agung di Bali.

“Pengalaman kami waktu di Bali, begitu dibilang bencana nasional, langsung (turun), lari. Padahal treatment-nya sama aja,” kata Luhut.

Meski begitu, Luhut memastikan kalau pemerintah pusat tidak akan tinggal diam menyikapi gempa Lombok yang diketahui sudah terjadi ratusan kali itu.

Pemerintah, kata Luhut akan membantu penanganan gempa tersebut selayaknya menangani bencana nasional.

Baca Juga:  Pramono Anung dan Puan Kecipratan Dana Proyek E-KTP, Benarkah?

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer