Connect with us

Other

Enam Manfaat Tidur yang Cukup Untuk Kesehatan

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menjaga kesehatan tidak cukup dengan memperhatikan pola makan. Tidur yang cukup juga harus dijaga, apalagi bagi anda yang sibuk bekerja. Ingat, tubuh anda juga butuh istirahat. Tidur dengan waktu yang cukup tak hanya mengatasi rasa ngantuk. Tidur malam yang cukup setidaknya 8 jam setiap malam memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat cukup tidur untuk tubuh?

Dilansir dari CNN Indonesia berikut beragam manfaat kesehatan jika Anda rutin tidur cukup setidaknya 8 jam setiap malam.

1. Otak lebih tajam

Saat kurang tidur, tanpa disadari orang akan kesulitan untuk mengingat kembali suatu hal tertentu apalagi detailnya. Tidur memainkan peranan penting untuk fungsi kognitif yakni belajar dan mengingat.

Tanpa tidur cukup, otak sulit untuk fokus dan mengambil informasi baru. Otak pun tidak punya cukup waktu untuk menyimpan memori padahal ini akan ‘diputar’ kembali sewaktu-waktu saat diperlukan.

2. Lebih bahagia

Tak hanya memengaruhi otak, tidur cukup pun memengaruhi perasaan. Saat lelah, orang cenderung mudah marah. Pekerjaan kecil pun rasanya begitu berat. Mudah sekali untuk frustasi.

Kurang tidur kronis bisa berisiko mengalami gangguan perasaan. Sebuah studi menyebut jika seorang memiliki insomnia, ada risiko lima kali lebih besar mengalami depresi atau gejala kecemasan dan gangguan kepanikan yang makin parah.

3. Mengontrol nafsu makan

Saat malam, kebutuhan kalori berkurang drastis. Namun jika porsi tidur kurang maka otak akan mengirim sinyal lapar sehingga tak aneh jika ada aktivitas makan tengah malam.

Tidur yang cukup membuat tubuh memproduksi hormon leptin yang cukup pula. Hormon inilah yang membuat otak tahu bahwa perut sudah kenyang dan waktunya berhenti makan.

4. Jantung lebih sehat

Tidur memberikan tubuh kesempatan untuk beristirahat. Jantung dan pembuluh darah pun ‘kecipratan’ waktu untuk istirahat kareba saat tidur tekanan darah menurun.

Kurang waktu untuk tidur memaksa tekanan darah terus naik selama nyaris 24 jam. Tekanan darah yang tinggi bisa menimbulkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Menguatkan sistem imun tubuh

Tidur rupanya berkontribusi pada penguatan sistem pertahanan tubuh atau imun. Saat tidur, sistem imun melepas komponen yang bernama sitokin. Sebagian sitokin bermanfaat untuk melindungi sistem imun dari inflamasi termasuk inflamasi akibat infeksi.
Kurang tidur artinya kurang produksi sitokin untuk menjaga Anda dari serangan penyakit. Selain sitokin, kurang tidur juga membuat komponen pertahanan tubuh lain tak memadai seperti antibodi dan sel darah putih.

6. Kulit lebih sehat

Tidur memberikan tubuh kesempatan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika tidur cukup dan teratur maka Anda bisa terlihat lebih muda.

Sebuah laporan dari Clinical and Experimental Dermatology menemukan bahwa partisipan yang cukup tidur pulih dari paparan sinar UV dibanding mereka yang kurang tidur. Kulit pun sembuh dari trauma minor lebih cepat.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer