Connect with us

Politik

Eks Koruptor Lolos Nyaleg, KPK Sebut Parpol Kurang Kader

JARRAK.ID

Published

on

Wakil Ketua KPK, Laode Mohammad Syarif (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut angkat bicara soal lolosnya beberapa eks koruptor sebagai caleg di Pemilu 2019 mendatang.

KPK bahkan mengaku heran dengan partai politik yang memaksakan eks koruptor sebagai calon legislatif (caleg).

“Kita sebenarnya dari awal mendukung PKPU, sebaiknya partai politik itu (eks koruptor) tidak dicalonkan lagi untuk calon legislatif. Memangnya parpol kekurangan kader apa? Sampai misalnya harus mencalonkan lagi mantan napi koruptor. Tapi itu bukan ranah KPK, itu ranah KPU dan Bawaslu,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu, Sabtu, (01/09/2018).

Kendati demikian, Syarif menegaskan KPK tidak mencampuri urusan tersebut. Pasalnya hal itu merupakan kewenangan Bawaslu, KPU dan partai politik.

“Banyak yang berpendapat karena dasar hukumnya yang itu tidak ada larangan untuk mencalonkan tapi ada aturan KPU. Kita menyerahkan kepada niat baik antara partai politik dan KPU dan Bawaslu untuk mengatur itu. Tapi KPK sejak awal berprinsip Indonesia nggak kekurangan orang. Kita ini (penduduknya) 250 juta, masak harus mencalonkan lagi yang mantan napi koruptor,” sambungnya.

Kendati demikian, Syarif berharap PKPU seharusnya dapat dijadikan dasar bagi setiap parpol untuk mencalonkan kader yang bebas dari perbuatan korupsi.

“Saya tidak bisa mencampuri urusan Bawaslu, kalau menurut penilaian Bawaslu itu dibolehkan. Kalau misalnya orang tidak sepakat dengan aturan yang dikeluarkan oleh KPU, mereka meminta untuk diselesaikan di Bawaslu,” ujarnya.

“Oleh karena itu, keputusan Bawaslu begitu kayaknya akan jalan terus. Tapi kami selalu berharap dan mendukung KPU waktu itu untuk semua calon legislatif itu sebaiknya diupayakan benar itu tidak terlibat kasus-kasus korupsi di masa lalu,” sambung Syarif.

Baca Juga:  Perseteruan Kejagung dan KPK Semakin Panas, Prasetyo Tantang KPK Angkat Jaksa Sendiri

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer