Connect with us

Bisnis

Ekonomi Indonesia Nyungsep, Rizal Ramli: Sri Mulyani Lebih Banyak Bicara

JARRAK.ID

Published

on

Mantan Menko Kemaritiman, Rizal Ramli (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Mantan Menko Kemaritiman, Rizal Ramli mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus nyungsep jika perekonomian masih dipercayakan kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Pasalnya kata Rizal, Sri Mulyani tidak berani berpikir out of the box dalam membereskan masalah ekonomi Indonesia.

“Sejak 3 tahun yang lalu memang sudah memperkirakan ekonomi Indonesia dari tahun 2016 sampai 2019 itu paling tumbuh di sekitar 5 persen,” ujarnya saat berbicara di Indonesia Business Forum yang disiarkan TVOne, Rabu, (14/08/2019).

Rizal kemudian menyebut setidaknya ada dasar yang mengakibatkan ekonomi Indonesia akan nyungsep.

Pertama, kebijakan austerity (penghematan) yang dilakukan pemerintah hanya berkutat pada pemangkasan anggaran. Tidak ada cara lain yang lebih canggih, bahasa yang dipakai Rizal, tidak out of the box.

“Yang kedua, hanya berani menguber-uber pajak yang kecil, sama yang gede nggak berani,” katanya.

“Nah itulah Kenapa kami berani mengatakan di depan Pak Jokowi kalau begini saja sampai tahun 2019 bakal sekitar 5 persen dan memang makin lama akan semakin merosot,” imbuhnya.

Dia mengakui bahwa faktor eksternal juga menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tapi kata dia, hal itu bukan satu-satunya.

Menurutnya, menteri-menteri ekonomi seharusnya sudah bisa membaca gejolak ekonomi global yang bakal mempengaruhi perekonomian Indonesia.

“Tapi kita kerjanya jangan bisanya nyalahin terus faktor internasional. Ini sudah bisa diduga kok satu setengah tahun yang lalu,” ujarnya.

Ia menambahkan, seharusnya menteri ekonomi, khususnya keuangan bekerja keras dalam mencari solusi, bukan malah sibuk membantah masukan dan kritikan dari pihak-pihak yang menilai ada kesalahan dari tata kelola perekonomian.

“Dalam bekerja jangan kebanyakan bantahan-bantahan. Kalau kita mau jujur, kita itu tidak terbiasa berpikir strategis antisipatif. kita itu kagetan, sudah kejadian baru kaget,” demikian Rizal.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer