Connect with us

Politik

Eggi Sudjana Bongkar Kejanggalan dalam Penetapan Tersangka Ketum PA 212

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Umum PA 212, Slamet Maarif (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Kuasa hukum Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif, Eggi Sudjana mengaku heran dengan penetapan tersangka atas klieennya tersebut oleh Polres Surakarta, Jawa Tengah dalam kasus dugaan pelanggaran Pemilu.

Menurut Eggi, dalam perspektif hukum, proses penetapan tersangka harus melalui tahap penyelidikan hingga penyidikan. Namun kenyataannya, pihaknya pun belum diminta polisi untuk gelar perkara.

“Mengacu pada kasus Ahok, penetapan tersangka harus ada gelar perkara. Ada penyidikan, harus diundang semua pihak terkait. Ini kita tidak pernah diminta, tapi sudah langsung tersangka,” ucap Eggi, Senin, (11/02/2019).

Eggi menambahkan Polres Surakarta tidak menjalankan Peraturan Kapolri no 14 tahun 2012 pasal 15 yang menyatakan penetapan tersangka harus melalui penyelidikan hingga gelar perkara. Bahkan, pihaknya juga belum pernah diminta untuk menghadirkan saksi fakta dalam gelar perkara kasus Slamet.

Oleh karena itu, Eggi menegaskan pihaknya akan mengajukan praperadilan. Eggi mengaku juga akan berkoordinasi dengan Slamet Maarif.

“Tim kita ada lebih dari 100 pengacara. Kita akan ajukan praperadilan,” kata Eggi.

Kejanggalan lainnya kata Eggi, kuat dugaan memang ada intervensi dari kekuasaan dalam rangka membungkam kelompok oposisi yang kini lantang menyuarakan perlawanan terhadap pemerintah.

Selain itu tegas Eggi, Slamet Maarif memang jadi target selanjutnya setelah penguasa berhasil memenjara politikus Partai Gerindra, Ahmad Dhani.

“Semua pendukung Prabowo Subianto ditarget. Setelah Ahmad Dhani, semua pendukung Prabowo-Sandi jadi tersangka,” kata Eggi.

Selain itu, Eggi juga yakin rezim Joko Widodo semakin panik. Namun ia yakin kepanikan dan adanya intervensi hukum dari penguasa terhadap pendukung Prabowo akan membuat semangat mengganti presiden semakin besar.

“Kekuatan Prabawo semakin kuat,” kata Eggi.

Baca Juga:  Soal Maju Capres, Amien Akan Berikan Kejutan dalam Lima Hari ke Depan

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer