Connect with us

Mancanegara

Dubes AS untuk PBB ‘Kesayangan’ Donald Trump Resmi Mengundurkan Diri

JARRAK.ID

Published

on

Niki Haley (Doc. Net)

WASHINGTON – JARRAK.ID – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Niki Haley resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Surat pengunduran itu ia serahkan langsung kepada Presiden AS, Donald Trump pada Selasa, (09/10/2018). Trump menyebut selama ini Niki sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Trump menyebut bahwa Niki sudah menyampaikan perihal pengunduran dirinya sejak beberapa bulan yang lalu.

“Dia memberi tahu saya sekitar enam bulan lalu. ‘Saya ingin beristirahat sejenak,'” ucap Trump yang kemudian menjelaskan bahwa Niki akan mulai berhenti bekerja di PBB pada akhir tahun ini.

Sementara itu, Niki hanya tersenyum dan sama sekali tak membeberkan alasannya berhenti. Ia hanya mengatakan bahwa “penting untuk mengetahui kapan waktunya menyingkir.”

Meski enggan membocorkan rencana politiknya ke depan. Namun Niki memastikan ia tidak akan lagi mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2020 mendatang. Niki memang sempat digadang-gadang menjadi salah satu capres untuk Partai Republik sebagai alternatif sosok yang lebih moderat.

Sejak awal, penunjukan Niki sebagai Dubes AS untuk PBB memang sudah mengejutkan publik mengingat mantan Gubernur South Carolina itu dikenal sangat kritis terhadap Trump selama masa kampanye, terutama mengenai imigran.

Niki kembali menjadi sorotan publik usai insiden penembakan di wilayah yang pernah dipimpinnya itu pada 17 Juni 2015. Akibatnya, sembilan warga AS kulit hitam menjadi korban dan meninggal dunia.

Saat itu, Niki memberikan tanggapan yang sangat keras hingga akhirnya ia memutuskan untuk menurunkan bendera Konfederasi Amerika dari gedung parlemen South Carolina.

Pada masa Perang Sipil, bendera tersebut dikibarkan oleh pasukan Konfederasi pro-perbudakan dan dianggap sebagai simbol rasisme. Sikap Niki ini membuatnya menuai pujian dari banyak pihak, termasuk kedua kubu Partai Republik dan Partai Demokrat. Meski kerap berselisih paham dengan Trump selama masa kampanye, putri imigran India ini pun tetap bekerja secara profesional di PBB.

Baca Juga:  Rusia Pamer Rudal Nuklir Hipersonik, Putin Sebut Rudal Terbaik di Dunia

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer