Connect with us

Elektoral

Diterpa Kasus Century, Demokrat Justru Minta KPK Bongkar Kasus BLBI

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA – JARRAK.ID – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mendorong Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menetapkan mantan Wakil Presiden Boediono sebagai tersangka dalam kasus Bailout Bank Century. Kasus ini dinilai sarat muatan politis sebab menyeret mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP Bidang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Partai Demokrat, Jemmy Setiawan justru meminta agar tidak hanya penyelesaian kasus Century saja, akan tetapi lembaga anti rasuah itu harus menyelesaikan dua kasus besar lainnya.

“Kami meminta KPK agar menuntaskan tiga kasus besar. Jika perlu, akhir tahun ini kasus itu harus dituntaskan,” kata Jemmy dalam keterangan tertulisnya Kamis, (19/04/2018).

Tiga kasus besar yang dimaksud Demokrat tersebut yakni, kasus bailout Century, kasus BLBI dan kasus korupsi E-KTP. Menurut Jemmy, alasan dibongkarnya tiga kasus korupsi tersebut agar tahun politik ini tidak semakin gaduh dengan hal ini. Jadi, apapun alasannya KPK harus menuntaskan kasus itu.

“Jangan jadikan kasus ini sebagai alat transaksi kekuasaan. Dan upaya kanalisasi dari kasus yang sudah nyata nyata melibatkan banyak nama besar seperti kasus E-KTP dan BLBI,” ujar Jemmy.

Dia menilai putusan praperadilan PN Jakarta Pusat dinilai tidak wajar, karena keluar dari kamar hukum acara yang sudah menjadi pakem rujukan pidana.

“Untuk itu, Mahkamah Agung (MA) harus turun meluruskan putusan praperadilan PN Jakarta Selatan ini menjadi penting agar kontruksi hukum kita tidak salah kaprah,” tutur Jemmy.

Jemmy menegaskan jika Partai Demokrat selama ini tidak ada kaitannya dengan kasus bailout Century. Hal itu menjadi penting agar masyarakat bisa memilih secara jernih partai mana yang layak mereka pilih sebagai pilihan politik di 2019 nanti.

Baca Juga:  Timses Prabowo Bocorkan Kisi-Kisi Debat Pilpres Tahap Pertama

“Biar publik juga tahu partai mana yang bersih,” tutup Jemmy.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer