Connect with us

Daerah

Ditantang Gerindra Umumkan Parpol dengan Koruptor Terbanyak, Ini Kata KPK

JARRAK.ID

Published

on

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan selama ini setiap ada tersangka kasus dugaan korupsi, selalu diumumkan secara terbuka, termasuk dari partai politik apa yang bersangkutan.

Demikian disampaikan KPK menyikapi tantangan Gerindra agar KPK ikut mengumumkan partai politik dengan kader korupsi paling banyak.

“Saya kira begini, kalau pengumuman tersangka di KPK itu sudah dilakukan secara terbuka. Bahkan kompilasinya juga ada di laporan tahunan KPK, kami sampaikan juga ke DPR,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, (31/01/2019).

Menurut Febri, KPK tidak mau mengumumkan secara terbuka partai dengan korupsi terbanyak.

Menurutnya, selama ini sudah banyak pihak yang membuat analisis soal partai-partai dengan kader yang terlibat korupsi.

“Kalau untuk penanganan perkara, tentu fokus KPK adalah perbuatan dan kasusnya. Jadi bukan dari mana dia berasal. Kalau masyarakat kemudian lakukan analisis partai A lebih banyak dari B, itu silakan saja,” ucap Febri.

Selain itu, Febri mengatakan KPK sudah mengumumkan soal urutan kepatuhan pelaporan LHKPN dari tiap fraksi di DPR. Dia juga menyoroti soal korupsi di sektor politik yang masih tinggi.

“Kondisi korupsi politik di Indonesia sangat mengkhawatirkan. DPR ada 69 orang, DPRD kemarin ada tambahan di Lampung Tengah, berarti ada 195 orang, kepala daerah juga cukup banyak,” tutur Febri.

Sebelumnya Gerindra meminta KPK mengumumkan partai politik dengan kader terjerat korupsi paling banyak, sehingga dapat diketahui parpol yang paling berkomitmen dalam pemberantasan korupsi.

“Kami mendesak agar KPK juga turut mengumumkan partai politik peserta Pemilu 2019 yang kadernya banyak terlibat dengan korupsi,” ujar anggota Badan Komunikasi Gerindra, Andre Rosiade, dalam keterangan tertulis, Kamis, (31/01/2019).

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer