Connect with us

Bisnis

Diskoperindag Bondowoso Ajari Soal Manajemen Kopi Kepada Pelaku UMKM

MOH AIDI

Published

on

Suasana pelatihan yang digelar Diskoperindag Kabupaten Bondowoso kepada 50 pelaku UMKM tentang manajemen kopi (Doc. JARRAK)

BONDOWOSO – JARRAK.ID – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso memberikan pemahaman tentang kopi kepada 50 pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan berbentuk pelatihan itu dilaksanakan di Aula SMKN 2 Bondowoso.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini adalah bentuk pembelajaran bagi pemilik warung kopi tentang manajemen kopi dari sektor hulu sampai hilir.

Kepala Seksi Pemberdayaan Usaha Mikro, Naning Wiliyawati mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan wawasan tentang kopi, mulai dari pembibitan, roasting kopi sampai bagaimana menyeduh kopi untuk disajikan kepada pembeli.

“Jadi mereka biar tidak hanya sekedar membuat kopi. Tapi mereka minimal ada pengetahuan bahwa kopi yang bagus itu seperti apa, mulai dari biji kopi yang bagus gimana,” katanya kepada Jarrak.id, Senin, (26/11/2018).

Menurut Naning, pelatihan ini lebih fokus kepada mengarahkan para pemilik warung kopi menyajikan kopi dengan cara roasting tradisional.

“Mereka kan masih menyangrai kopi secara tradsional, jadi mereka diajarkan cara menyangrai agar kopi itu tidak sampai gosong, karena berpikir bahwa kopi itu hitam, padahal tidak harus hitam,” jelasnya.

Puluhan pemilik warkop juga diajarkan tentang wirausaha, agar masyarakat terus berinovasi, dalam membuat produk turunan dari kopi. Selain kopi robusta yang  dikelola, mereka juga dikenalkan dengan kopi arabika.

“Materi pertama itu tentang perkenalan tentang perkopian mulai dari penanaman. Materi kedua tentang kewirausahanya. Kemudian, besok pemasaran, kemasan, dan ijin-ijinnya juga,” pungkas Naning.

 

Advertisement

Populer