Connect with us

Daerah

Dirjen Pas Kemenkumham Pastikan Semua Barang Mewah Sudah Dikeluarkan dari Sukamiskin

JARRAK.ID

Published

on

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami (Foto Istimewa)

JAKARTA – JARRAK.ID – Direktur Jenderal Permasyarakatan (Dirjen PAS) Kemenkum HAM, Sri Puguh Utami menegaskan bahwa barang-barang yang dianggap mewah sebagaimana dalam sidak Ombudsman sudah dikeluarkan semua dari Lapas Sukamiskin.

“Sukamiskin jumlah kamar 566 diisi 430 (napi). Jenis kamar ada besar sedang kecil. Yang besar 52 (kamar), kecil 463 (kamar). Pada waktu ditemukan sebelum yang sekarang di kegiatan Mata Najwa ada beberapa barang mewah,” ungkap Sri dalam diskusi bertajuk ‘Dunia dibalik Lapas’ di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu, (23/09/2018).

Selama ini pihaknya selalu mengevaluasi tentang Lapas Sukamiskin, termasuk soal barang atau fasilitas mewah.

“Pada waktu ada kejadian beberapa waktu lalu ada barang mewah semua kita keluarkan. TV, kulkas semua kita keluarkan dan sudah nggak ada lagi itu di kamar,” imbuhnya.

Sri Puguh juga menegaskan bahwa pihaknya sudah membongkar saung yang selama ini berada di lingkungan Lapas Sukamiskin. Oleh karena itu, pihaknya berusaha menyiapkan tempat pengganti bagi para pengunjung.

“Teman-teman barang kali sudah bisa lihat di kamar sudah tidak ada lagi barang-barang mewah dan kemudian saung yang tadi saya sampaikan sudah dibongkar karena memang menyelesaikan dulu fasilitas yang menjadi kewajiban kami untuk ruang kunjungan,” kata Sri.

Ia juga menyebut kamar dengan ukuran besar yang berada di lapas Sukamiskin itu sudah ada sejak lama. Disebutnya, tidak ada napi yang merenovasi ruangan lapas menjadi lebih besar. Ia juga mengatakan pihaknya sudah mengajukan dana untuk memperbaiki lapas Sukamiskin itu.

“Nggak besar memang kalau emang tidak disediakan sejak awal, kan memang tidak akan tersedia. Kami mengusulkan Rp 11 milliar itu untuk Sukamiskin saja (lapas) yang lainnya belum tersentuh,” kata Sri.

Baca Juga:  Massa Pendukung Prabowo Keroyok Warga Usai Kampanye di Purworejo

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer