Connect with us

Politik

Dirjen PAS Kemenkumham Optimis RUU Pemasyarakatan Bisa Dirampungkan DPR Periode 2014-2019

JARRAK.ID

Published

on

Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Sri Puguh Utami (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Sri Puguh Utami mengaku dirinya optimis RUU Pemasyarakatan bisa dirampungkan pembahasannya dalam periode anggota DPR 2014-2019.

Pasalnya kata dia, RUU Pemasyarakatan sudah diusulkan sejak tahun 2003 silam.

“Optimis. Sejak 2003 itu sudah diusulkan, terus kemudian selesai sekarang. Jadi udah lama,” kata Sri Puguh usai rapat bersama Komisi III di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/09/2019).

Dia menegaskan ada sejumlah fungsi pemasyarakatan dalam RUU yang baru dan belum diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 1995.

Salah satunya fungsi pembinaan dan fungsi pengamanan.

“Ada fungsi-fungsi yang sekarang belum ada di UU Nomor 12 masuk ke situ. Ada fungsi pelayanan, ada fungsi pembinaan, fungsi pembimbingan, fungsi perawatan, fungsi pengamanan, itu dulu belum masuk sekarang udah masuk (dalam RUU),” jelasnya.

Sri mengatakan jika sudah tidak ada perdebatan antara pemerintah dan DPR soal substansi RUU.

“Nggak (tidak ada perdebatan), karena memang sudah lama, sudah beberapa kali konsinyering, gitu-gitu,” ucapnya.

Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi Demokrasi, Erma Suryani Ranik menegaskan jika sudah tidak ada perdebatan antara Pemerintah dan DPR soal substansi RUU Pemasyarakatan.

“Tidak ada (perdebatan). Sudah oke semua. Kami nggak mau banyak penjara dibakar lagi,” kata Erma usai rapat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/09/2019).

Erma mengatakan dalam RUU Pemasyarakatan ini, ditentukan anak yang lahir di dalam penjara bisa hidup bersama ibunya hingga usia tiga tahun. Selanjutnya, sang anak harus keluar dari lingkungan penjara.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer