Connect with us

Daerah

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Launching E-Beca, Ini Pesan Wabup Bondowoso

MOH AIDI

Published

on

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bahtiar Rahmat saat me-launching E-Baca yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bondowoso (Doc. JARRAK)

BONDOWOSO – JARRAK.ID – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bondowoso me-launching aplikasi E-Beca (Elektronic Bendebesah Catalog). Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso, utamanya dibidang pendidikan gratis.

Aplikasi E-Beca ini, merupakan perpustakaan digital untuk mempermudah pelajar, mahasiswa dan masyarakat secara umum untuk mengakses buku-buku yang ada di perpustakaan.

Bahkan nanti, buku-buku yang diupload di dalam aplikasi atau web itu, akan disesuaikan dengan kebutuhan buku-buku di sekolah.

Launching aplikasi E-Beca ini, disahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat yang ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bondowoso, Karna Suswandi mengatakan, bahwa aplikasi tersebut untuk mendukung pendidikan gratis yang ada di Kabupaten Bondowoso.

“Kenapa begitu, karena bagaiamanpun kalau siswa dan siswi baik dari SD sampai dengan Mahasiswa masih dibebani dengan literatur yang ada, harus membeli buku. Ini masih belum menjadikan pendidikan gratis,” terangnya.

Dia meminta kepada seluruh kepala sekolah dari berbagai tingkatan, di Kabupaten Bondowoso, agar mengajukan surat, buku-buku apa saja yang dibutuhkan di sekolah masing-masing.

Di era digital ini, lanjutnya, pihaknya berpikir agar perpustakaan tidak hanya didatangi. Tapi memberikan pelayanan terbaik, melalui plikas E-Beca ini.

“Sehingga bisa diakses dari jarak jauh oleh masyarakat dan pelajar di Kabupaten Bondowoso,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat memberikan apresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Dengan melaunching aplikasi atau website E-Beca, itu merupakan terobosan di era digitalisasi ini, karena akan memudahkan layanan kepada masyarakat.

“Kita tidak lagi secara tradisional membeli buku dalam jumlah banyak, cukup kita mendownload beberapa literasi yang ada, sehingga ini akan lebih memudahkan para siswa-siswi dan masayarakat Bondowoso untuk membaca,” tegasnya.

Baca Juga:  OTT KPK Terhadap Hakim di Balikpapan Terkait Penanganan Perkara Penipuan

Dia berharap lauching ini untuk ditindaklanjuti, supaya fitur-fitur atau aplikasinya, dimasukkan di dalam Playstore atau Appstore.

“Akan kita support anggarannya. Tidak ada lagi anggaran hanya 100 atau 200 (juta, red). Tidak ada lagi istilah, orang-orang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebagai orang buangan,” tandas Irwan.

Hadir dalam lauching tersebut, Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, Kepala Bappeda, beberapa pimpinan OPD, bsberapa kepala sekolah, siswa dari berbagai tingkatan, serta mahasiswa.

Advertisement

Berita Populer