Connect with us

Other

Di Kota Ini Umat Kristiani Gotong Royong Bersihkan Masjid

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

BIAK – JARRAK.ID – Komunitas warga Biak dan perempuan gereja melakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungan Masjid Agung Baiturrahman, Kota Biak, Papua, dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan yang bersih, terang, dan aman, Senin, (11/06/2018).

Kegiatan bersih-bersih tempat ibadah sengaja dilakukan oleh umat kristiani sebagai wujud memelihara spirit toleransi antarumat beragama, sehingga dapat meminimalisir potensi munculnya konflik antarumat beragama, khususnya di Kota Biak.

“Program menjaga kebersihan lingkungan masjid akan dilakukan bergantian di sejumlah masjid yang ada di Kota Biak,” ujar Zack Wambrauw, koordinator pembersihan masjid.

Ia berharap, keterlibatan para umat Kristiani menjaga kebersihan lingkungan masjid sebagai bukti akan indahnya kebersamaan di kalangan umat beragama serta mewujudkan Nawacita Presiden Joko Widodo.

Meski dalam hal keyakinan Tuhan berbeda, menurut  Zack Wambrauw, namun di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai warga negara Indonesia harus bersatu dalam mewujudkan ajaran kasih sayang.

Pasalnya lanjut dia, Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, baik suku, budaya, ras dan agamanya. Kemajemukan ini kata dia harus dipelihara melalui langkah-langkah yang kongkrit sehingga menghindarkan dari perpecahan.

“Sesuai dengan rencana kerja ada sekitar 23 masjid yang menjadi target pembersihan lingkungan komunitas umat Kristiani Biak,” katanya.

Program bersih masjid sudah dikoordinasikan dengan pengurus Majelis Ulama Indonesia, Dewan Masjid Indonesia serta pemerintah melalui Kementerian Agama.

Aksi bersih lingkungan masjid mendapat apresiasi dari umat Muslim yang menghadiri shalat duhur berjamaah di Masjid Agung Baiturrahman Biak.

“Inilah wujud nyata toleransi antarumat beragama di Kota Biak. Kegiatan positif seperti ini harus terus kita pelihara ke depan,” tandas dia.

Baca Juga:  Ini Manfaat Mengajarkan Menabung Kepada Anak Sejak Dini

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer