Connect with us

Politik

Di Depan Jokowi, Ketua MPR Sebut Jumlah Utang Indonesia Sudah Melampaui Batas

JARRAK.ID

Published

on

Ketua MPR, Zulkifli Hasan (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan menyoroti masalah jumlah utang Indonesia yang angkanya terus membengkak.

Demikian disampaikan Ketua Umum PAN itu dalam sidang tahunan DPD-DPR beberapa waktu lalu.

Ia meminta negara harus berhati-hati dalam mengelola utang untuk menjaga stabilitas perekonomian nasional dan mencegah krisis ekonomi sejak dini.

Pada tahun ini saja kata dia, beban utang yang harus dibayarkan pemerintah Indonesia sebesar Rp400 triliun.

“Ini yang perlu diperhatikan. Ini setara 7 kali dana desa di seluruh Indonesia. Sudah di luar batas kewajaran dan batas negara untuk membayar,” tegas Zulkifli.

Menurut Zulkifli, pemerintah perlu melakukan pengetatan prediksi-prediksi perekonomian secara cermat, terukur, dan akuntabel dalam menghadapi dinamika ketidakpastian ekonomi global.

Antara lain, mengenai nilai tukar rupiah dalam perekonomian global, penguatan-penguatan di sektor industri, pembatasan arus impor, serta peningkatan daya saing komoditas dan peningkatan ekspor nasional.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer